ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fajar Sri utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hana Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sabar Narimo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36611

Keywords:

Project Based Learning, Pembelajaran IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) pada pembelajaran IPAS materi “Perubahan Wujud Benda”
di kelas IV sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan subjek seorang guru dan 14 siswa kelas IV di SD Negeri 1 Canden. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk
menggambarkan proses pembelajaran secara faktual dan kontekstual. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan keterlibatan,
antusiasme, serta pemahaman konsep ilmiah siswa karena mereka terlibat
langsung dalam kegiatan proyek dan percobaan. Siswa menunjukkan kemampuan
bekerja sama, berkomunikasi, serta memahami konsep perubahan wujud benda
secara lebih konkret melalui pengalaman belajar yang nyata. Guru berperan
sebagai fasilitator yang mengarahkan proses pembelajaran, meskipun beberapa
tantangan muncul terkait pengelolaan waktu dan pemerataan kesempatan
eksperimen antarkelompok. Secara keseluruhan, model PjBL terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran IPAS yang aktif, kontekstual, dan bermakna bagi siswa
sekolah dasar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ala Purnawati dan Nurul Yakin. 2025. “Implementasi Kemampuan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar.” Action Research Journal 2 (2): 107–20. https://doi.org/10.63987/arj.v2i2.204.

Ansya, Yusron Abda’u. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning).” Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN) 3 (1): 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225.

Bulkini, Jalaludin, dan Kun Nurachadijat. 2023. “Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi.” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 3 (1): 16–21. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.241.

Creswell, John W, dan Creswell, J David. 2018. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). London: SAGE Publications.

Khairani, Eka Ulfa, Serica Aulia Dinata, Deka Saputra, dan Afifah Nur Ismawanti. 2024. “ANALISIS FAKTOR–FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA.” JURNAL TUNAS PENDIDIKAN 7 (1): 139–47. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1985.

Ma’rufah, Lifthihah Anis, Leli Nisfi Setiana, dan Evi Chamalah. 2025. “Strategi Pengembangan Soft Skill: Integrasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching dan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Drama.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 5 (3): 1500–1508. https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i3.1476.

Nabila, Siti Maulidiya, dan Melinda Septiani. 2025. “Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran IPA yang Bermakna di Sekolah Dasar.” Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal 2 (1): 9–20. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/primera/article/view/269.

Rahayu, Suwasti, Markhamah Markhamah, dan Achmad Fathoni. 2025. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik 20 (2): 122–35. https://doi.org/10.17509/md.v20i2.72360.

Ramadianti, Astria Ayu. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 10 (2): 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668.

Saputri, Rahmawati Eka, Arina Salsabila Rizkia, Alfiah, dan Septiani Nur Sabibah. 2024. “Peran Guru Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis PjBL Kelas II (Project Based Learning).” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1097.

Suharyati, Teti, dan Hana Sakura Putu Arga. 2023. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Profesi Pendidikan 2 (1): 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037.

Syafila, Amanda Elsa, dan Dya Qurotul A’yun. 2024. “ANALISIS EKSPLORASI KONSEP PENDIDIKAN KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK.” JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA) 2 (12): 1–23. https://doi.org/10.62281/v2i12.1175.

Taupik, Riska Putri, dan Yanti Fitria. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (3): 1525–31. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958.

Downloads

Published

2025-12-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>