Kritik Postmodernisme terhadap Pendidikan Modern: Implikasi bagi Pembentukan Manusia Seutuhnya

Authors

  • Asep Sujana Program Studi Doktor Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Adang Sutarman Program Studi Doktor Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholeh Hidayat Program Studi Doktor Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36669

Keywords:

Postmodernisme, Pendidikan Modern, Manusia Seutuhnya.

Abstract

Artikel ini mengkaji kritik postmodernisme terhadap paradigma pendidikan modern yang rasionalistik, seragam, dan mekanistik. Pendidikan modern dinilai gagal membentuk manusia seutuhnya karena lebih menekankan aspek kognitif dan instrumental dibandingkan dimensi afektif dan spiritual. Melalui pendekatan kualitatif berbasis kajian pustaka, tulisan ini menelaah pergeseran paradigma dari modernisme menuju postmodernisme serta implikasinya terhadap pembentukan manusia seutuhnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa postmodernisme menawarkan model pendidikan yang lebih humanis, reflektif, dan pluralistik, yang menghargai keberagaman, kebebasan berpikir, dan makna belajar yang kontekstual. Pendidikan semestinya menjadi ruang pembebasan dan pembentukan kesadaran manusia agar berpikir kritis, berempati, serta memiliki kesadaran spiritual dalam memahami kehidupan.

Kata Kunci: Postmodernisme, Pendidikan Modern, Manusia Seutuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwarudin, A. (2013). Subjek dalam Pandangan Dunia Posmodernisme. Refleksi: Jurnal Kajian Agama Dan Filsafat, 13(4), 443–468. https://doi.org/10.15408/ref.v13i4.910

Budiman, A. (1994). Postmodernisme dan Realitas. Dalam S. et al. (Ed.), Postmodernisme dan Masa Depan Peradaban. Aditya Media.

Derrida, J., & Spivak, G. C. (1997). Of Grammatology. Johns Hopkins University Press.

Foucault, M., & Gordon, C. (1980). Power/Knowledge: Selected Interviews and Other Writings, 1972–1977. Pantheon Books.

Hidayat, A. R. (2006). Implikasi Postmodernisme dalam Pendidikan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 91–108. https://doi.org/10.19105/tjpi.v1i1.188

Kemendikbudristek. (2023). Naskah akademik pembelajaran mendalam. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Krisna, S. A. (2025). Memahami Postmodernisme: Kritik dan Transformasi Paradigma Modern. Swante Adi Krisna Digital Publications, 2025(05), 1–12. https://doi.org/10.5281/swanteadikrisna.54

Latifah, S., Syukri, & Nasution, H. (2024). Pemikiran Filsafat Rene Descartes. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6667–6676. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8640

Lyotard, J.-F., Bennington, G., & Massumi, B. (1984). The postmodern condition: A report on knowledge. University of Minnesota Press.

Niayah. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital: Studi Implementasi pada Sekolah Menengah. Meriva: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 113–124.

Nurdin, M. N. I., & Jaya, I. (2023). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam Humanis pada Konsep Kurikulum Merdeka. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 3(1), 91–102. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-07

Rusman, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. CV Pustaka Learning Center.

Ryadi, A. (2004). Postmodernisme Versus Modernisme. Studia Philosophica et Theologica, 4(2), 90–100. https://doi.org/10.35312/spet.v4i2.126

Saroso, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Siswandi, G. A. (2024). Mengungkap Filsafat Pendidikan di Balik Kurikulum Merdeka. Nilacakra.

Sobon, K., & Ehaq, T. A. L. (2021). Kritik PostmodernismeTerhadap Etika Modern. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 132–141. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.34226

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sulistiyo, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.

Taher, R., Desyandri, & Erita, Y. (2023). Tujuan Pendidikan Merdeka Belajar Terhadap Pandangan Filsafat Humanisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1766–1771. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11206

Wijayanti, H. & Indriyana R. (2021). Postmodernisme: Sebuah Pemikiran Filsuf Abad 20. Anak Hebat Indonesia.

Downloads

Published

2025-12-11