IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN DAPUR KOMPOS UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS V SDN JATI PULO 01 PAGI

Authors

  • Lestari Lydia Sigalingging Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36712

Keywords:

Project-Based Learning, Scientific Approach, Environmental Education, Elementary School, Composting Project

Abstract

This classroom action research aims to enhance student engagement and conceptual understanding in organic waste management through the implementation of a Scientific Approach-Integrated Project-Based Learning model. Conducted over three sessions with 32 fifth-grade students at SDN Jati Pulo 01 Pagi, this study employed a composting project using Takakura composters as the main learning activity. Data collection encompassed observation, conceptual tests, and project assessment. Findings demonstrated substantial improvements in learning motivation, collaborative skills, and conceptual grasp of recycling principles. The primary achievement manifested in students' capacity to connect theoretical knowledge with practical implementation. The study concludes that the integrated PjBL model effectively creates meaningful learning experiences in environmental education. Recommended follow-up measures include establishing a continuous monitoring program and disseminating the model across school levels.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, D., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-58.

Damayanti, S., & Sari, R. P. (2021). Penerapan asesmen autentik dalam model Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 45-53.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Febriani, M., Suryani, N., & Musdi, E. (2024). Penerapan model PjBL berbantuan media video untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. Jurnal Basicedu, 8(1), 112-120.

Herdiansyah, H., & Priyanto, A. (2023). Pendidikan lingkungan hidup melalui project-based learning di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 78-89.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kusuma, W., & Apriyanto, S. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 112-125.

Maulana, I., & Sari, D. P. (2022). Pengaruh model PjBL terhadap keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Modern, 8(3), 201-210.

Muzakir, M. (2025). Meningkatkan karakter peserta didik melalui model Problem Based Learning berbasis pendekatan saintifik di kelas V SDN 02 Katon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(1), 1-15.

Ndari, S. D. (2024). Implementasi model Problem-Project Based Learning (ProbPro-BL) dalam pembuatan pupuk organik cair berbahan kulit bawang merah untuk menguatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SD. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 612-623.

Nurhaliza, S., Putra, A., & Sari, D. P. (2023). Efektivitas penggunaan multimedia interaktif dalam model Project Based Learning pada materi siklus air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 210-219.

Panggabean, S. R. B., Sihombing, P. S. R., & Simanjuntak, S. H. (2025). Penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Comprehensive Science, 4(1), 175-186.

Pratama, Y., & Wijaya, A. (2022). Model Project Based Learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar kognitif siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Innovatif, 6(1), 78-90.

Purnamasari, V., & Hidayat, R. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Elementaria, 5(2), 134-145.

Purwandari, A. (2014). Pengaruh model Problem-Project Based Learning terhadap pengembangan jiwa wirausaha siswa SMK pada kegiatan produksi eksterior. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 309-320.

Rahmawati, D., & Setiawan, B. (2024). Peningkatan literasi lingkungan melalui pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 89-98.

Rusman. (2021). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock, J. W. (2022). Educational psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sari, D. K., Hadi, S., & Utami, L. (2023). Pengaruh model Project Based Learning terhadap literasi lingkungan dan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 345-356.

Septiyanto, A., Prambudi, A., & Kurniawan, E. S. (2024). Implementasi model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 Madiun. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(2), 199-212.

Setiawan, A., & Pratiwi, D. (2023). Integrasi pendekatan saintifik dalam model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 67-78.

Siregar, N., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan instrument penilaian autentik dalam pembelajaran project based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 156-167.

Sousa, D. A. (2011). How the brain learns (4th ed.). Thousand Oaks: Corwin Press.

Suparno, P. (2021). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Suprijono, A. (2022). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, E., & Handayani, T. (2024). Implementasi project based learning dalam penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 45-56.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.

Trianto. (2020). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Willis, J. (2006). Research-based strategies to ignite student learning. Alexandria: ASCD.

Downloads

Published

2025-12-12