OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN DI ERA TEKNOLOGI

Authors

  • Habibur Rahman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sugeng Listyo Prabowo UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36730

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Digitalisasi Pendidikan, Layanan Pembelajaran, Literasi Digital, Optimalisasi SIM

Abstract

Transformasi pendidikan di era teknologi menuntut institusi untuk mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM) berbasis digital sebagai alat strategis dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran. Namun, implementasi SIM di banyak sekolah dan madrasah masih menghadapi berbagai kendala, seperti rendahnya kompetensi digital guru, pemanfaatan sistem yang belum maksimal, serta keterbatasan infrastruktur yang menghambat efektivitas pengelolaan data dan komunikasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran SIM digital dalam meningkatkan layanan akademik, mengidentifikasi hambatan implementasi yang muncul di tingkat satuan pendidikan, serta merumuskan strategi optimalisasi yang relevan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) melalui telaah jurnal, buku, dan dokumen terkait manajemen pendidikan digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa SIM digital mampu meningkatkan efisiensi administrasi, mempercepat akses informasi bagi guru, siswa, dan orang tua, serta mendukung integrasi dengan platform Learning Management System (LMS) untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Meski demikian, efektivitasnya sangat dipengaruhi oleh kesiapan SDM, tata kelola data, integrasi sistem, serta dukungan kebijakan dan infrastruktur. Implikasi penelitian menegaskan bahwa optimalisasi SIM membutuhkan peningkatan literasi digital pendidik, penguatan infrastruktur, standardisasi manajemen data, dan komitmen kelembagaan untuk menerapkan tata kelola teknologi yang berkelanjutan. Dengan demikian, SIM digital dapat menjadi instrumen utama dalam mewujudkan layanan pembelajaran yang lebih responsif, akurat, transparan, dan adaptif di era teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Afifah, H., Ibrahim, T., & Arifudin, O. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1369.

Agrameri, A., Yosepha, S. Y., & Cahaya, Y. F. (t.t.). Strategi Peningkatan Kompetensi dan Produktivitas Kerja dengan Manajemen Pelatihan untuk Pengembangan Karyawan. Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, 5(1), 77–92.

Al Ngarifin, S., Gumanti, M., & Mukodimah, S. (2024). Implementasi sistem informasi sekolah untuk meningkatkan layanan dan kinerja tata usaha pada mis yasmida. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam, 10(1), 142–150.

Anam, M. C. (2024). Manajemen Kesiswaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 209–219.

Ansori, A., Maghfirah, T., & Prahesty, T. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Dilembaga Pendidikan Melalui Sistem Informasi: Meningkatkan Kinerja Guru. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 108–116.

Ariatpi, F., & Ismatullah, A. (2025). Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen terhadap Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan: The Impact of Management Information System Implementation on the Quality of Educational Administration Services. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 253–272.

Barus, R., Fardila, A., Zulaikha, S., & Takdir, M. (2025). Peran Teknologi Informasi dalam Pengambilan Keputusan Strategis di Lembaga Pendidikan: Kajian Sistematis: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 5505–5517.

Dawis, A. M., Rahmayanti, D., Rachman, T., Impron, A., & Kelen, Y. P. K. (2025a). Pendekatan Modern Dalam Analisis Dan Desain Teknologi Informasi.

Dawis, A. M., Rahmayanti, D., Rachman, T., Impron, A., & Kelen, Y. P. K. (2025b). Pendekatan Modern Dalam Analisis Dan Desain Teknologi Informasi.

Delila, D. A. (2025). PENGEMBANGAN SUMBER. Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi, 172.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: Kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.

Erwin, E., Judijanto, L., Anggraeni, A. F., Nurfaidah, N., Damayanti, F., Sari, H. E., & Indrayani, N. (2024a). Sistem Informasi Manajemen: Teori, Prinsip dan Penerapan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Erwin, E., Judijanto, L., Anggraeni, A. F., Nurfaidah, N., Damayanti, F., Sari, H. E., & Indrayani, N. (2024b). Sistem Informasi Manajemen: Teori, Prinsip dan Penerapan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Erwin, S., MM, C., MM, M., Nurfaidah, S., Sari, H. E., Kom, S., Ti, M., Indrayani, N., & MT, M. (t.t.). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN.

Estede, S., Purba, A. M., Sukmana, O., Thamrin, H., Afrida, I. R., Halim, A., Ramadhanti, D., Lumbanraja, V., Sutanto, A., & Huda, T. (2025). Manajemen Pendidikan Tinggi Era Digital. Star Digital Publishing.

Hanifah, N., & Nasution, M. I. P. (2025). Manajemen Data Yang Efektif: Solusi Untuk Mencegah dan Mengatasi Duplikasi Data Dalam Perusahaan. Epsilon: Journal of Management (EJoM), 3(1), 27–38.

Hardiyani, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pembelajaran Antara Guru dengan Wali Murid Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Plus Ma’arif NU Makam Purbalingga.

Harianto, J. E. (2024). Implementasi manajemen pendidikan berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Indonesian Journal of Research and Service Studies, 1(4), 169–177.

Hidayad, A. A., Nurlaela, L., & Agung, A. I. (2025). Analisis Manajemen Sdm Untuk Peningkatan Kinerja Guru Smk Pada Aspek Literasi Digital. 3(2), 16–32.

Jambak, A. M., Lase, D., Telaumbanua, E., & Hulu, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi pegawai terhadap perubahan organisasi di Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 22–37.

Judijanto, L., Santika, T., Nurjanah, N., Suwandi, W., Sulaeman, S., & Rais, R. D. A. (2025). Transformasi Pendidikan: Menghadapi Era Digital di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jumriani, J. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik dalam Meningkatkan Mutu Layanan di MAN Pinrang.

Jundi, A. (2013). Implementasi sistem informasi akademik berbasis SMS gateway dengan Kannel Linux.

Khairi, M. A. (2025). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Meningkatkan Layanan Prima Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota.

Kristanti, T., & Putra, H. R. (2025a). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 238–251.

Kristanti, T., & Putra, H. R. (2025b). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 238–251.

Kristanti, T., & Putra, H. R. (2025c). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 238–251.

Lase, D., Absah, Y., Lumbanraja, P., Giawa, Y., & Gulo, F. (2025). Infrastruktur Digital dalam Perspektif Konseptual: Kajian Teoretis, Temuan Empiris, dan Agenda Riset Masa Depan. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 80–94.

Legi, H. (t.t.). Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi: Inovasi dalam Pembelajaran Abad 21. Publica Indonesia Utama.

Lubis, M., Ramadhani, R., & Febrianta, M. Y. (2025). Identifikasi Masalah dan Tantangan dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) Berbasis Mobile di Pendidikan Tinggi. SITEKNIK: Sistem Informasi, Teknik dan Teknologi Terapan, 2(1), 130–140.

Maisarah, P. A., Fonna, F., & Firdaus, R. (2025a). Peran kritis sistem informasi manajemen dalam mewujudkan e-Government yang responsif, transparan, dan berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Manajemen Terapan, 6(3).

Maisarah, P. A., Fonna, F., & Firdaus, R. (2025b). Peran kritis sistem informasi manajemen dalam mewujudkan e-Government yang responsif, transparan, dan berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Manajemen Terapan, 6(3).

Maisaroh, H. A., Isnaini, N. L., Febrianti, S. D., Listiana, H., Banis, S., Salam, F. D., Fadhilah, A., Hendri, M., & Jannah, L. (2025). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DASAR: Manajemen Sekolah Digital untuk Kualitas Unggul. PENERBIT KBM INDONESIA.

Mania, M. A., Giu, I. Y., & Nurpriatna, A. (2025). Sistem Informasi Manajemen, efek Transformasi Digital Madrasah Aliyah Al-Wathoniyah 5: Menggali Efektivitas SIM dalam Meningkatkan Kinerja Akademik dan Manajemen: Digital Transformation of Madrasah Aliyah: Evaluation of the Effectiveness of Management Information Systems in Improving Academic Performance and Management. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 34–55.

Mas’odi, M. P., Ardhian Zahroni, S., Suciati, S. S., Asrof, M. P., & Ribut Wahyu, E. (t.t.). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian: Dari Teori hingga Aplikasi. Penerbit Adab.

Mulyani, A., Nursalim, M., Karwanto, K., Khamidi, A., & Amalia, K. (2025). Perkembangan Aplikasi Berbasis IT dalam Kegiatan Supervisi Antara Guru dan Orang Tua. Jurnal Wahana Pendidikan, 12(1), 27–40.

Mulyanti, D. (2025a). Strategi Manajemen Pendidikan di Era Digital: Optimalisasi Infrastruktur, SDM, dan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pelita Nusantara, 2(4), 376–383.

Mulyanti, D. (2025b). Strategi Manajemen Pendidikan di Era Digital: Optimalisasi Infrastruktur, SDM, dan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pelita Nusantara, 2(4), 376–383.

Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Gunung Djati Publishing Bandung.

Napisah, S., Judijanto, L., Puspitasari, Y., Wati, C. N., Tadius, T., Wonua, A. R., Arief, M. Y., & Susanti, R. K. (2025). Pengembangan SDM: Membangun dan Mengelola SDM Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nashrullah, M., Rahman, S., Majid, A., & Hariyati, N. (2025a). Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia: Analisis Kebijakan dan Implikasinya terhadap Kualitas Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 52–59.

Nashrullah, M., Rahman, S., Majid, A., & Hariyati, N. (2025b). Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia: Analisis Kebijakan dan Implikasinya terhadap Kualitas Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 52–59.

Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi pemberdayaan sekolah sebagai upaya peningkatan manajemen pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2).

Natavia, D. S., Azainil, A., Haeruddin, H., & Buhari, M. R. (2025). Integrasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Mutu Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7063–7073.

Nufuz, D. A., Mahendra, M. H., Faqih, A., & Setianingrum, N. (2025). Strategi efektif dalam manajemen perubahan: Membangun ketahanan organisasi di era digital. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(6), 540–547.

Nugraha, M. S., & Rochimat, H. (2025). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis Cloud dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah Menengah. Jurnal Global Ilmiah, 2(4).

Prihatin, E., & Sutangsa, S. P. (2025). Transformasi Kebijakan Pendidikan: Dari Konsep hingga Pelaksanaan di Era Digital. Indonesia Emas Group.

Ridwan, N. M. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Mutu Layanan Pendidikan di MAN 2 Parepare.

Rismawati, R., Ibrahim, T., & Arifudin, O. (2024a). Peran sistem informasi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rismawati, R., Ibrahim, T., & Arifudin, O. (2024b). Peran sistem informasi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Riyanti, A., & Rukiyanto, B. (2024). Analisis Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (Lms) Dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Review.

Rudiansyah, R., Wicaksono, L., & Waruwu, M. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Organisasi Melalui Motivasi untuk Optimalisasi Kinerja Guru yang Berkelanjutan. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 7762–7774.

Sahira, S., Elinda, T., Zahra, S. F., Fransisca, V. D., Rahmasari, W., & Muzzaky, M. I. (2025a). Teknologi Digital untuk Transformasi Kepengawasan Sekolah melalui E-Presensi dan Virtual Account. Proceedings Series of Educational Studies.

Sahira, S., Elinda, T., Zahra, S. F., Fransisca, V. D., Rahmasari, W., & Muzzaky, M. I. (2025b). Teknologi Digital untuk Transformasi Kepengawasan Sekolah melalui E-Presensi dan Virtual Account. Proceedings Series of Educational Studies.

Sentanu, I. G. E. P. S., Yustiari, S. H., & S AP, M. (2024). Mengelola Kolaborasi Stakeholder Dalam Pelayanan Publik. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Sumbaryani, I. R., Sutanara, F., & Ranahcita, R. N. (2023a). Peran sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan efektivitas perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98.

Sumbaryani, I. R., Sutanara, F., & Ranahcita, R. N. (2023b). Peran sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan efektivitas perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98.

Tanto, A. R., & Malau, R. M. U. (2022). Analisis Literasi Digital Guru Penyandang Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Pajajaran Kota Bandung. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan analisis data model Miles dan Huberman untuk riset akuntansi budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451.

Westari, N., & Sumarsono, R. B. (2025). Tantangan dan Peluang Transformasi Manajemen Pendidikan di Era Digital (Tinjauan Literatur Sistematis). Proceedings Series of Educational Studies.

Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi sarana prasarana berbasis IT sebagai penunjang pembelajaran dalam jaringan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 240–255.

Downloads

Published

2025-12-12