EKSTENSIALISME DAN KRISIS IDENTITAS SISWA DI ERA DIGITAL: STUDI LITERATUR TENTANG IMPLIKASI FILSAFAT DALAM PENDIDIKAN INDONESIA KONTEMPORER

A. Pendahuluan B. Metode C. Pembahasan D. Kesimpulan

Authors

  • Riakurnaini Universita Negeri Makassar
  • Ismail Universita Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36838

Keywords:

Eksistensialisme, Krisis identitas siswa, pendidikan era digital

Abstract

Era digital telah mengubah cara siswa membangun identitas mereka secara fundamental. Media sosial dan ruang virtual kini telah menjadi arena utama pembentukan citra diri, yang seringkali menciptakan ketegangan antara eksistensi digital dan realitas pribadi. Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka yang bertujuan menganalisis relevansi filsafat eksistensialis dalam mengatasi krisis identitas siswa di era digital, khususnya dalam konteks pendidikan Indonesia. Melalui tinjauan berbagai artikel nasional dan internasional, ditemukan bahwa eksistensialisme menawarkan pendekatan pendidikan yang menekankan kesadaran diri, kebebasan memilih, dan autentisitas sebagai dasar pembentukan identitas. Namun, praktik pendidikan di Indonesia masih jarang menyentuh dimensi eksistensial siswa. Hasil penelitian ini menekankan perlunya reorientasi tujuan pendidikan, penguatan peran guru sebagai fasilitator reflektif, dan pengembangan kurikulum yang humanis dan adaptif terhadap realitas digital. Dengan demikian, eksistensialisme berpotensi menjadi landasan filosofis bagi pendidikan yang lebih bermakna, reflektif, dan memanusiakan siswa di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afryansyah, Sukardi, I., Astuti, M., Bahrudin, A., Islam Negeri Raden Fatah Palembang, U., & Selatan, S. (2024). Filsafat Eksistensialisme (Jean-Paul Sartre dan Søren Kierkegaard) dalam Kontekstualisasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Masa Depan Pendidikan, 3 (5), Halaman. https://journal.tofedu.or.id/index.php/journal/index

Asstageni, ES, & Wijanarko, R. (2025). Eksistensialisme di Era Digital: Filsafat Søren Kierkegaard dalam Gaya Hidup Kontemporer. Jurnal Filsafat Indonesia, 8.

Avci, H., Baams, L., & Kretschmer, T. (2025). Tinjauan Sistematis Penggunaan Media Sosial dan Perkembangan Identitas Remaja. Tinjauan Penelitian Remaja, 10 (2), 219–236. https://doi.org/10.1007/s40894-024-00251-1

Awang, HDR, & Malelak, DP (2024). Filsafat Eksistensialis dalam Pandangan Soren Aabye Kierkegaard tentang Spiritualitas pada Remaja Akhir Generasi Z. Jurnal Pendidikan Karakter Religius Kristen dan Katolik, 2 (2), 311–323. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i2.390

Awur, R., Armada Ryanto, & Mathias Jebaru Adon. (2025). Perundungan Siber: Sebuah Permasalahan Kesadaran Kebebasan Manusia di Media Sosial: Perspektif Filosofis Armada Riyanto. Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Katolik, 3 (2), 69–90. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v3i2.1182

Cantika, VM, Lestari, RD, Sapitri, L., & Kailani, R. (2024). Analisis Filsafat Eksistensialis dalam Kurikulum Merdeka. EduInovasi: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4 (1), 268–278. https://doi.org/10.47467/edu.v4i1.1501

Cheong, M. (2023). Eksistensialisme di Media Sosial. Jurnal Hubungan Manusia-Teknologi, 1 (Oktober 2022), 1–16. https://doi.org/10.59490/jhtr.2023.1.7022

Edwin, E., Wayan Suastra, I., Tungga Atmadja, A., & Nyoman Tika, I. (2024). Peran Filsafat Pendidikan (Progresivisme, Eksistensialisme, dan Postmodernisme) dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia: Pendekatan Studi Literatur. Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan & Ilmu Sosial, 5 (6), 974–985. https://doi.org/10.51601/ijersc.v5i6.896

Efendi, E., Al-Mujtahid, NM, Alfaruqi, MA, Khairiah, N., & Matondang, AR (2023). Krisis Identitas dan Tantangan Multikultural dalam Dinamika Media Baru Indonesia: Perspektif Komunikasi Antarbudaya. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 6 (1), 280–294. https://doi.org/10.37680/muharrik.v6i1.5500

Firdaus, MR, Haq, MI, Fahmi, FA, & Supratama, R. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Krisis Identitas dan Kesehatan Mental pada Siswa. Jurnal Studi dan Penelitian Islam, 2 (1). https://ejournal.bamala.org/index.php/almustofa/

Firdaus, MR, Haq, MI, Fahmi, FA, Supratama, R., & Firdaus, MR (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dan Kesehatan Mental pada Siswa. ALMUSTOFA: Jurnal Studi dan Penelitian Islam, 2 (1), 521–522. https://ejournal.bamala.org/index.php/almustofa/

Harianto, JE (2025). Filsafat Pendidikan dan Tantangan Kurikulum Multikultural. Jurnal Riset Inovasi Indonesia, 2 (1). https://jpii.temanmenulis.com/index.php/jpii%0

Hasmar, AS, & Ismali. (2024). Menjelajahi Peran Filsafat Pendidikan dalam Membentuk Pemikiran Kritis di Era Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3 (1), 27–34. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp%0Adalam

Hidayat, T., & Fajri, S. (2024). Pendidikan IPS dalam Mengatasi Krisis Identitas Akibat Penggunaan Media Sosial. Jurnal Pendidikan IPS (JPIPS), 2024 (16), 85–93. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/

Indriani, D., Fitrah, Y., & Kusmana, A. (2025). Autentikasi dan Solidaritas: Perspektif Eksistensialis tentang Budaya Woke dalam Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 (1), 75–82. http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara

Judijanto, L., Hasan, Z., & Lusianawati, H. (2024). Analisis Bibliometrik Pemikiran Eksistensialis Era Postmodern. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2 (01), 1–13. https://doi.org/10.58812/sish.v2.i01

Katoppo, SDD, Agama, I., Manado, KN, & Supit, S. (2024). Integrasi Filsafat Eksistensialis Søren Kierkegaard dalam PAK Anak, ditinjau dari Perspektif Filosofis dan Teologis di Era Digital. Jurnal Sains, Teknologi, dan Seni, 1 (2), 20–35. https://journal.gknpublisher.net/index.php/aisthetikos

Khairul, M., & Sari, HP (2025). Penerapan Prinsip Eksistensialis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Membentuk Kebebasan, Tanggung Jawab, dan Makna Hidup di Sekolah.

Lestari, RD, Mangantes, ML, Kasenda, RY, Tinus, D., & Konseling, B. (2021). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Krisis Identitas. Dalam Jurnal Educouns: Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/educouns/index

Mai, A., & Sun, W. (2025). Krisis dan Rekonstruksi Identitas Remaja di Era Media Sosial. Asia Pacific Science Press, 2 (3), 1–7. https://doi.org/10.62177/chst.v2i3.636

Nasrudin, E., Ramadhan, AF, & Parhan, M. (2024). Filsafat Eksistensialis Kierkegaard dan Implikasinya terhadap Praktik Pendidikan dalam Meningkatkan Spiritualitas Siswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 24 (3), 229–240. https://doi.org/10.31599/j9m3zp21

Nazira, A., Andriani, R., & Sari, HP (2024). Analisis Pengaruh Filsafat Eksistensialis dalam Kurikulum Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora , 2 (2), 121–128. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Ozturk, N. (2023). Potensi Metakognisi untuk Eksistensialisme di Kelas. Jurnal Pedagogi, 14 (2), 123–141. https://doi.org/10.2478/jped-2023-0014

Pardosi, MT (2025). Kebebasan dan tanggung jawab dalam eksistensialisme Jean-Paul Sartre: Sebuah tinjauan filosofis. Satwika: Studi dalam Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 9 (1), 316–324. https://doi.org/10.22219/satwika.v9i1.40466

Refriana, I., & Aly, HN (2023). Landasan Filsafat Eksistensialisme dalam Kurikulum Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan, 5 (3), 6180–6185. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1390

Risdiany, H., Sukmalia, M., & Suargana, L. (2024). Pemahaman Mendalam: Dampak Ponsel Pintar terhadap Eksistensi Manusia dalam Filsafat Teknologi. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 61–66. https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i2.3557

Samosir, EM, Otto Mart Andreas, & Bukidz, DP (2025). Kesepian di Tengah Koneksi: Eksistensialisme Remaja dalam Konteks Digital. Jurnal Penelitian Multidisiplin Asia Timur, 4 (1), 241–254. https://doi.org/10.55927/eajmr.v4i1.12513

Saputra, EE (2025). Relevansi Filsafat Eksistensialis dalam Kehidupan Modern. Ilmu Sosial dan Pendidikan (JHUSE), 1 (3), 118–129.

Setiyaningtiyas, N., Apriyanti, D., & Sugiyana. (2025). Kesadaran Diri Berbasis Kata dalam Identitas Digital: Sebuah Model Sintesis Eksistensial-Perennial untuk Transformasi Pendidikan Kristen Indonesia. Kesadaran Diri Berbasis Kata dalam Identitas Digital: Sebuah Model Sintesis Eksistensial-Perennial untuk Transformasi Pendidikan Kristen Indonesia, 11 (3), 958–970. https://doi.org/10.33394/jk.v11i3.16795

Ulfah, SZ, Syihabuddin, & Kembara, MD (2025). Aktualisasi Diri dalam Filsafat Eksistensialis: Relevansinya bagi Pendidikan Abad ke-21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (01), 417–441.

Yusuf, R., Suastra, W., Wikrama, A., Atmaja, T., & Tika, N. (2024). Pendekatan Filsafat Pendidikan dan Teori Pembelajaran Humanistik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Holistik di Era Digital. Jurnal Ilmiah Mandalika (JSM) e-ISSN, 6 (2), 2025. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>