Asesmen Autentik Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Proyek IPAS: Kajian Sistematis Berdasarkan Protokol PRISMA 2020
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36977Keywords:
asesmen autentik; Google Sites; pembelajaran proyek; IPAS; kreativitas.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara sistematis menyediakan asesmen autentik berbasis Google Sites dalam pembelajaran proyek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di berbagai konteks global dan lokal. Tinjauan ulasan sistematis dilakukan dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) mengikuti protokol PRISMA 2020 dan kerangka SPIDER. Artikel diperoleh dari data dasar Google Scholar dan Crosreff di Publish or Perish dengan rentang tahun 2015–2025 dan hanya mencakup penelitian empiris. Sebanyak 20 artikel lolos seleksi dan dianalisis berdasarkan dimensi kreativitas, asesmen instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, serta dampak budaya dan konteks lokal. Hasil sintesis menunjukkan bahwa penggunaan Google Sites sebagai media portofolio digital mampu meningkatkan refleksi diri, kolaborasi, dan kreativitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek. Asesmen autentik berbasis teknologi menjadi strategi efektif untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka serta meningkatkan kompetensi abad ke-21. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk memperdalam validasi instrumen empiris asesmen dan eksplorasi pengaruh faktor budaya digital lokal.
Downloads
References
Afifah, K. R. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 1883–1896.
Agustina, I., Fathurohman, A., & Akhsan, H. (2025). Developing a Digital Tool to Assess Students’ Sustainability Literacy in Wetland Contexts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(7), 303–311. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i7.11040
Baskaran, V. L., & Abdullah, N. (2022). Authentic Learning Approach in Science Education. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matemaitk Malaysia, 12(1), 54–64. https://doi.org/10.37134/jpsmm.vol12.1.5.2022
Duda, H. J., & Susilo, H. (2019). Science Process Skill Development: Potential of Practicum through Problems Based Learning and Authentic Assessment. Anatolian Journal of Education, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.29333/aje.2018.315a
Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic assessment: Evaluation and its application in science learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 81. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.4
Hassan, N., Rahman, M. N. A., & Sumintono, B. (2024). Enhancing integration of technology in authentic assessment for education: A structured review. Journal of Advanced …. https://elibrary.ru/item.asp?id=74628896
Hidayat, W., & Lawahid, N. A. (2021). Problems and Constraints of Authentic Assessment among Children’s Early Education Teachers. Asia-Pacific Journal of Research …. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=19761961&AN=151224350&h=WDc4NdCbT4diBMIEgtcwBphnXkkGD6B%2FitOLAR7A%2BEkoBXHNGxC99NC%2FeziXnE0cJ4knr7Wapu4ZC0N5s3Hg0A%3D%3D&crl=c
Id, M. J. P., Id, J. E. M., Id, P. M. B., Id, I. B., Id, T. C. H., Mulrow, C. D., Id, L. S., Tetzlaff, J. M., Id, E. A. A., Id, S. E. B., Chou, R., Id, J. G., Loder, W., Id, E. M., Id, S. M., Id, L. A. M., Id, A. S., Id, J. T., Id, A. C. T., … Id, D. M. (2021). The PRISMA 2020 statement : An updated guideline for reporting systematic reviews. 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003583
Irianti, R., & Noorhidayati, D. (2018). The Development of an Authentic Assessment with Project Based Learning to Improve Creative Thinking Skills. 274, 244–246. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.53
Kemendikbudristek 2022. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Dasar. In Kemendikbudristek (Issue 021). Laman litbang.kemdikbud.go.id
Lestari, I. D., Novianti, W., & Novita, M. (2024). Pengembangan Media Web Google Sites Berbasis Project Based Learning untuk Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(Desember), 1123–1131.
Nieminen, J. H., Bearman, M., & Ajjawi, R. (2023). Designing the digital in authentic assessment: is it fit for purpose? Assessment and Evaluation in Higher Education, 48(4), 529–543. https://doi.org/10.1080/02602938.2022.2089627
Pahriah, P., Ratnaya, I. G., Parwata, I. G. L. A., & Budhyani, I. D. A. M. (2025). Authentic Assessment in Chemistry Education at Senior High Schools and Higher Education: A Systematic Literature Review (2015–2025). Path of Science, 11(7), 1013. https://doi.org/10.22178/pos.120-10
Sholihah, M. (2021). Authentic assessment in online learning during the covid-19 pandemic. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/167
Sugiyono. (2018). Metode Kuantitatif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2018). Developing an Authentic Project-Based Assessment Model on Sociology Learning of Senior High School Students. 412–421. https://doi.org/10.29210/2018159
Tawil, M., Said, M. A., & Suryansari, K. (2023). Authentic assessment development science to assess student competency. International Journal of Education and Practice, 11(2), 194–206. https://doi.org/10.18488/61.v11i2.3294
Yonai, E., Shimoni, E., Kahil, K., & Blonder, R. (2022). Authentic Science Learning During COVID-19: The Adaptive Design of a SEM Outreach Activity. The Biophysicist, 3(1), 35–48. https://doi.org/10.35459/tbp.2021.000206
Yusnaldi, E., Putri, F. A., Adesti, A., Jalal, M., & Matvayodha, G. (2023). Portofolio Digital Google Sites dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pendahuluan Pembinaan merupakan proses pertolongan yang bersifat ilmiah dan sistematis . 1 Pembinaan memastikan kebutuhan pengembangan kompetensi dan kemampuan individu pada tingkat tertinggi . 2 Layanan bimbingan adalah suatu kegiatan yang terencana , terprogram , dan sistematis . Untuk alasan ini , pembinaan ditujukan kepada guru dan orang tua dalam pelayanan pembelajaran tugas dan tanggung jawab yang diperlukan siswa . 3 Sesuai dengan peraturan UU R . I . Nomor 14 Tahun 2005 tentang profesional dengan tugas utama mendidik , mengajar , membimbing , mengarahkan , pendidikan formal , pendidikan dasar , dan pendidikan menengah . ” 4 Secara menyeluruh pada aturan di atas bahwa komitmen kinerja guru , kemampuan berinovasi dan mengintegrasikan ide-ide baru ke dalam praktik pengajaran harus memiliki idealitas yang berguna . 5 Komitmen guru mengarah pada yang lebih tinggi bahwa kehadiran guru mampu melakukan seluruh persoalan siswa akan menjadi pencapaian yang ideal . 6 Guru yang berkomitmen memiliki hasrat yang besar terhadap. 13(3), 276–288. https://doi.org/10.33367/ji.v13i3.4505
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















