STRATEGI PENINGKATAN PERANAN BUMDES BANCE’E BAGI PETANI DI DESA LAPPA UPANG KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

Authors

  • Haerul Haerul Universitas Muhammadiyah Bone
  • Adam Rahman Suradi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Hasriliandi Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37008

Keywords:

BUMDes, Analisis SWOT

Abstract

Haerul. Strategi Peningkatan Peranan BUMDes Bance’e Bagi Petani Di Desa Lappa Upang Kec. Mare Kab. Bone Pembimbing : Hasriliandi Halim dan Adam Rahman Suradi

BUMDes Bance’e sebagai Badan Usaha Milik Desa Lappa Upang memiliki peran strategis dalam menggerakkan roda perekonomian desa, salah satunya melalui sektor pertanian yang merupakan potensi utama di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mnegetahui Strategi Peranan BUMDes Di Desa Lappa Upang Kec. Mare Kab. Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Desa Lappa Upang Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Populasi dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus BUMDes Desa Lappa Upang Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang berjumlah 5 orang. Instrument pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analis yang digunakan yaitu analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa faktor internal pada posisi Strengths memiliki bobot nilai sebesar, yaitu ( 2,01 ) dan Weaknesses sebesar ( 0,60 ), sedangkan faktor eksternalnya mencakup Opportunities dan threats dengan bobot nilai Opportunities sebesar (2,62 ) dan pada posisi Threats memiliki bobot nilai sebesar ( 1,65 ), sehingga posisi usaha BUMDes Bance’e Desa Lappa Upang bisa dikatakan cukup baik, karena posisi Strengths dan Opportunities memiliki bobot nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan berdasarkan bobot nilai Threats dan Weaknesses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., Irmawan, B., Juanda, S., & Aswadi, M. K. (2023). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9672–9678. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3297

Andika, M. (2020). Penerapan Analisis Swot Sebagai Strategi Pengembangan PT Al Mucthar Tour dan Travel dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Anggraeni, M. R. R. S. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta. Modus, 28(2), 155. https://doi.org/10.24002/modus.v28i2.848

Ariyanto, A., Ghozali, Z., Munyati, Ambarwati, R., Nelly, Revita, N., Firdaus, Sudiraman, A., & Pratisila, M. (2016). manajemen layanan pelanggan (E. Damayanti (ed.)). Widina.

Baharuddin, M. I., Sabua, E. S., & Hanisa, N. (2023). Pengembangan Desa Mandiri melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Padang Kalua. Mujtama Jurnal PengabdianMasyarakat,3(1). https://doi.org/10.32528/mujtama.v3i1.8705

Cahyadi, N., Respati, P. P., & Dzulquarnain, A. H. (2023). Meningkatkan Daya Saing Dan Daya Jual Produk Dengan “ Strategi Pemasaran ” Sederhana. 1(4).

Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia. Jurnal Istiqro, 5(1), 101. https://doi.org/10.30739/istiqro.v5i1.345

Dewi Puspaningtyas Faeni, Jumawan Jumawan, Nazifa Fitri, Siti Wahdaniyah Putri, Mira Anggaina, Elisa Nabila Putri, & Adelia Vita Arzety. (2023). Penggunaan Analisis SWOT untuk Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 30–38. https://doi.org/10.55606/optimal.v4i1.2567

Diana puspita sari, A. O. (2017). penentuan strategi bisnis menggunakan analisis swot dan matriks fisa- efas pada CV.DINASTY. 847–855.

Djibran, M. M., Andiani, P., Nurhasanah, D. P., & Mokoginta, M. M. (2023). Analisis Pengembangan Model Pertanian Berkelanjutan yang Memperhatikan Aspek Sosial dan Ekonomi di Jawa Tengah. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(10), 847–857. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i10.703

Fifianti, F., Alyas, A., & Mone, A. (2018). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Di Desa Patani Kecamatan Mappkasunggu Kabupaten Takalar. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 4(3), 282. https://doi.org/10.26618/kjap.v4i3.1644

Firdaus, R. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Manding Laok Kec. Manding Kab. Sumenep. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7).

Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal, 1(1), 16–20.

Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.47-58

Gani, M. O. H. A. (2025). Kontribusi BUMDes dalam pemberdayaan ekonomi dan kemandirian Desa Studi kasus Kecamatan Banyuputih Kebupaten Situbondo. 7(1), 1–9. http://journal.unu-jogja.ac.id/

Hafif, N., & Daryanto, D. (2023). Peran BUMDes Terhadap Pendapatan Petani Di Desa Karangsono Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Agri-Sosioekonomi, 19(3), 1451–1460. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v19i3.50125

Harahap, S., Saleh, K., & Harahap, G. (2021). Strategi Pemasaran Keripik Singkong Cap Kelinci Industri Rumah Tangga di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Pertanian ( JIPERTA), 3(1), 45–55. https://doi.org/10.31289/jiperta.v3i1.425

Hardiani, M., & Rifandi, M. (2023). Efektivitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Sidomoyo Kecamatan Godean, D.I Yogyakarta. Jurnal Maneksi, 12(1), 211–221.

Harold, R., Mantali, M., Bau, F., Andre, M., Djafar, S., Ismail, Y., Birahim, S. A.,

Bumulo, Y. W., Antau, S. M., Olga, N., Medellu, O., Rajid, A., Ahmad, A. H., Nusu, V., Umar, R., Ali, Y., & Bahtiar, E. (2025). Peran BUMDes dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Ketahanan Pangan di Desa Molutabu , Kecamatan Kabila Bone. 2(3), 148–159.

Hasibuan, Z., Syahputri, N., Hamtheldy, R. Z., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). pentingnya mengembangkan produk dan keputusan merek dalam pemasaran global. Journal of Social Research, 1(4), 261–267.

Hasriliandi, H. (2022). Analisis SWOT - AHP dalam pengembangan agribisnis kacang tanah di sulawesi selatan. Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis.

Helmi, M., Sriartha, I. P., & Sarmita, I. M. (2021). Strategi Pengembangan Komoditas Unggulan Subsektor Tanaman Perkebunan Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 9(1), 26–35.

Hidayat, A. (2022). Diversivikasi Usaha Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Dan ketahanan Pangan Lokal. 1–11.

Kasnaini, Marzuki, S. N., & Shadriyah. (2024). Peran BUMDes dalam pengembangan potensi ekonomi melalui penanaman jagung (studi pada BUMDes desa cege kecamatan mare). Journal of Finance, Business and Economics, 2(2), 43–57. http://journal.unu-jogja.ac.id/

Masita, & Sagaf, U. (2024). Strategi BUMDes Memajukan Perekonomian Masyarakat Desa. Jurnal Hukum, Ekonomi Dan Bisnis, 1.

Masnur, M., Alam, S., & Muhammad, I. (2022). Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Lahan Pertanian dan Komoditas Hasil Panen Di Kabupaten Sidrap Berbasis Web. Jurnal Sintaks Logika, 2(1), 229–235. https://doi.org/10.31850/jsilog.v2i1.1322

Mazlan, Ismail, I., & Juharni. (2020). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Di Kabupaten Sinjai (Studi Kasus Desa Polewali). Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(2), 86–90.

Muspawi, M. (2018). Menata Strategi Rekrutmen Tenaga Kerja. Jurnal Ilmiah UniversitasBatanghari Jambi,18(1),87. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i1.436

Mutiara, P. B. (2021). Analisis Matriks Ifas Dan Efas Pt Unilever Tbk Pada Pandemik Covid-19. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 363–371. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.90

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal Intekna, 14(2), 102–209.

Pariyanti, E., & Susiani, F. (2019). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmiah Keuangan, 2(2), 1–12.

Parmadi, P., Emilia, E., & Zulgani, Z. (2018). Daya saing produk unggulan sektor pertanian Indonesia dalam hubungannya dengan pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 13(2), 77–86. https://doi.org/10.22437/paradigma.v13i2.6677

Pradnyani, N. L. P. S. P. (2019). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tibubeneng Kuta Utara.

Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2, 39–47. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.854

Rhohmawati, E. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Saputra, I., & Rahmat, H. K. (2024). Evaluasi Kinerja Karyawan dalam Suatu Perusahaan : Sebuah Kajian Kepustakaan. Journal of Current Research in Management, Policy, and Social Studies, 1(1), 19–24.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Syafri, E., Rahmaddiansyah, R., & Romano, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Coklat (Studi Kasus Pada Usaha Cilet Coklat di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 5(4), 45–54. https://doi.org/10.17969/jimfp.v5i4.15850

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Triyo Ely, Haryono, I. (2016). Strategi Inovasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Potensi Dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa. 1– 23.

Utomo, M. R. (2014). Eksplorasi Potensi Desa Wisata Barito Melalui Media Promosi Menggunakan Analisis SWOT Di Kabupaten Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7, 436–449.

Wulannata, A. I. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia,. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 133–144.

Yarni, M., Kosariza, K., Arfa, N., Suhermi, S., & Febrian, R. (2023). Sosialisasi Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Pelaksanaan Pemerintahan Desa. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(4),145–150. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.470

Yasri, B., Harefa, F. M., Fadila, M., & Ananda, N. (2025). Penerapan Program Linier untuk Menyelesaikan Masalah Alokasi Sumber Daya pada Persoalan Penugasan. Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 3.

Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., & Sanjaya, V. F. (2024). Peran Competitive Advantage Dalam Menarik Konsumen Di Pasar Lokal (Studi Pada Topshop Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis Spariah, 1, 29–40.

Zakir, I., Bakari, Y., Rauf, A., & Hippy, M. Z. (2023). Prioritas Persepsi Permodalan Dan Strategi Prioritas Sumber Modal Usahatani Padi Sawah : Analisis AHP Dan SWOT. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 16(1), 13.https://doi.org/10.19184/jsep.v16i1.37950

Zaky, M., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2022). Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Tantangan Global. Branding: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 73–86. https://www.journal.uinsgd.ac.id/index.php/branding

Zunaidah, A., Askafi, E., & Daroini, A. (2021). Peran Usaha Bumdes Berbasis Pertanian Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Magister Agribisnis, 21, 47–57.

Downloads

Published

2025-12-23