PERSEPSI GURU TERHADAP JANJI POLITIK PEMERINTAH TERKAIT PENINGKATAN INFRASTRUKTRUR SEKOLAH DI SMP PAB 23 BANDAR KLIPPA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37029Keywords:
Persepsi Guru, Janji Politik, Infrastruktur Pendidikan.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya kesenjangan antara janji politik pemerintah mengenai pemerataan infrastruktur pendidikan dengan kondisi nyata di lapangan. Infrastruktur pendidikan yang tidak merata, khususnya di wilayah pinggiran, menjadi tantangan dalam mewujudkan pendidikan yang adil dan berkualitas. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi guru terhadap janji politik pemerintah terkait peningkatan infrastruktur sekolah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pandangan guru terhadap realisasi janji politik tersebut. Hasil analisis diharapkan memberikan gambaran mengenai sejauh mana janji politik pemerintah telah dirasakan manfaatnya oleh pihak sekolah. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya peningkatan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam pembangunan infrastruktur pendidikan, serta memperkuat partisipasi guru dan
masyarakat dalam proses evaluasi kebijakan pendidikan
Downloads
References
Amilia Desnasari, I. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pengelolaan Sarana Pembelajaran Di Smk Nusatama Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4766-4770.
Esti Rahayuningsih, M. (2024). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (Slt). Journal Of Education Research, 2828-2839.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Lega, D. (2023). Tanggungjawab Pemerintah Dan Kesenjangan Sosial Dalam Pendidika. Adil Indonesia Journal , 54-67.
Marzuki. (2021). Politik Pendidikan Nasional Dalam Bingkai Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian Humaniora,, 16-39.
Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Prenadmedia Group.
Sarnoto, A. Z. (2012). Konsepsi Politik Pendidikan Di Indonesia. Educhild, 30-40.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah. (2010). Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikasi. Pekanbaru: Suska Pres.
Damis, Damis, Surianti Surianti, Hasrianti Hasrianti, A. Rini Sahni Putri, and Aksal Mursalat. 2023. “Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Infrastruktur Penataan Kawasan Pesisir Pantai Cempae.” Jurnal Ilmiah Wahana Laut Lestari (Jiwall) 1(1): 12–21. Doi:10.33096/Jiwall.V1i1.313.
Handayani, M., Imran, Ramadhan, I., Okianna, & Alhidayah, R. (2022). Analisis Peran Guru dalam Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas III di MI Syuhada Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5173–5177.
Hidayah, A., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Insfrastuktur Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Mentari Journal of Islamic Primary School, 1(4), 265–275.
Ikhtisar. (2020). Janji Pendidikan di Indonesia. In The World Bank.
Khalifah, H., Nurhattati, N., & Kamaludin, K. (2024). Systematic Literature Review: Persepsi Guru terhadap Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Journal on Education, 7(2), 8929–8938. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7789
Mustika, B., & Hamidah, A. (2020). Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berdasarkan Kajian Literatur Terkini Tahun 2020-2025: A Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731.
Nur Dahyanti, Sylvi Marsella Diastami, Azra Humaira, & Tengku Darmansah. (2024). Analisis Kebijakan dalam Mengatasi Problematika Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Hikmah : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 87–100.
Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia Abdul. Journal Of Islamic Educatioan, 2(4), 1147–1152.
Sandriani, S., & Riofita, H. (2025). Kebijakan Pemerintah dalam Pemerataan Akses dan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 15165–15169.
Suhendra, A. J. Rate, A. M. (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Peningkatan Infrastruktur Jalan Nasional Kabupaten Minahasa Utara. 1–12.
Suyono, S., Triyani, A. N., Camelia, C., & Purba, N. W. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Peroses Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(2), 211–218.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















