MENGUKUR VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN MINAT BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 2 KAMPAR KIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37104Keywords:
Minat Belajar, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Kuesioner, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang dirancang untuk menilai minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 2 Kampar Kiri. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 15 siswa kelas VII melalui kuesioner skala Likert yang terdiri dari 22 butir pernyataan. Instrumen tersebut diuji validitasnya menggunakan teknik korelasi product moment dan diuji reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 dari 22 butir memenuhi kriteria validitas, dengan nilai r > r-tabel dan signifikansi < 0,05, sementara satu butir dinyatakan tidak valid. Selain itu, analisis reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,935, yang menunjukkan tingkat konsistensi internal yang sangat tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa kuesioner tersebut valid dan reliabel untuk mengukur minat belajar siswa dalam PAI. Instrumen yang telah tervalidasi ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya untuk memperoleh data yang akurat dan konsisten terkait motivasi dan keterlibatan belajar siswa.
Downloads
References
Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Alfiatunnisa, E., Zulfah Khairunnisa, H., Hayati, S., & Listya Maulida, V. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kelas 1. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.81
Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan instrumen minat belajar siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).
Azizah, N., & Chalimarusadiah. (2025). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Pemahaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 6637–6643.
Bohari, B. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 16–28. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.792
Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419
Habibullah, M. (2021). Meningkatkan Minat Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, I(2), 501–512. http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html
Hardani, Helmina Andriani, J. U., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Irawan, H. (2024). Memahami Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif dan Evaluasi dalam Konteks Pendidikan Umum. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 42–54.
Karimuddin, A., Jannah, M., Hasda, S., Fadila, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. http://penerbitzaini.com
Miftachul ulum. (2016). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. In Buku Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.
Muhammad Khumaedi. (2012). Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan (The Reliability of Education Research Instruments). In Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (Vol. 12, Issue 1, pp. 25–30). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Pakpahan. (2020). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Putu Gede, S. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967–10975. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4885
Rindiasari, Hidayat, Yuliani, P. R., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(5), 367. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.7257
Saat, S., & Mania, S. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. I
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian.
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS.
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428
Soesana, A., Subakti, H., Salamun, S., Tasrim, I. W., Karwanto, K., Falani, I., Bukidz, D. P., & Pasaribu, A. N. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 1–61.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















