MENGUKUR VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN MINAT BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 2 KAMPAR KIRI

Authors

  • Nurul Habibah Arfizeah Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Miftahir Rizqa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Vina Novita Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • M. Fikri Hamdani Pendidikan Matematika Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37104

Keywords:

Minat Belajar, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Kuesioner, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang dirancang untuk menilai minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 2 Kampar Kiri. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 15 siswa kelas VII melalui kuesioner skala Likert yang terdiri dari 22 butir pernyataan. Instrumen tersebut diuji validitasnya menggunakan teknik korelasi product moment dan diuji reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 dari 22 butir memenuhi kriteria validitas, dengan nilai r > r-tabel dan signifikansi < 0,05, sementara satu butir dinyatakan tidak valid. Selain itu, analisis reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,935, yang menunjukkan tingkat konsistensi internal yang sangat tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa kuesioner tersebut valid dan reliabel untuk mengukur minat belajar siswa dalam PAI. Instrumen yang telah tervalidasi ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya untuk memperoleh data yang akurat dan konsisten terkait motivasi dan keterlibatan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Alfiatunnisa, E., Zulfah Khairunnisa, H., Hayati, S., & Listya Maulida, V. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kelas 1. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.81

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan instrumen minat belajar siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).

Azizah, N., & Chalimarusadiah. (2025). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Pemahaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 6637–6643.

Bohari, B. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 16–28. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.792

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Habibullah, M. (2021). Meningkatkan Minat Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, I(2), 501–512. http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html

Hardani, Helmina Andriani, J. U., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Irawan, H. (2024). Memahami Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif dan Evaluasi dalam Konteks Pendidikan Umum. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 42–54.

Karimuddin, A., Jannah, M., Hasda, S., Fadila, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. http://penerbitzaini.com

Miftachul ulum. (2016). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. In Buku Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.

Muhammad Khumaedi. (2012). Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan (The Reliability of Education Research Instruments). In Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (Vol. 12, Issue 1, pp. 25–30). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Pakpahan. (2020). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Putu Gede, S. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609.

Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967–10975. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4885

Rindiasari, Hidayat, Yuliani, P. R., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(5), 367. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.7257

Saat, S., & Mania, S. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. I

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Soesana, A., Subakti, H., Salamun, S., Tasrim, I. W., Karwanto, K., Falani, I., Bukidz, D. P., & Pasaribu, A. N. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 1–61.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 14.

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)