EFEKTIVITAS MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Wulan Feronika Maharani Institut Agama Islam ngawi
  • Lathif Abdul Razaq Institut Agama Islam Ngawi
  • Putri Maratus Sholikhah Institut Agama Islam Ngawi
  • Amanah Aqil Fitria Fatin Institut Agama Islam Ngawi
  • Mohammad Irvan Bayu Saputra Institut Agama Islam Ngawi
  • Miftah Ali Masruron Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37166

Keywords:

Game Based Learning, Wordwall, hasil belajar kognitif, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas Game Based Learning berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV MIN 5 Ngawi. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimental One Group Pretest Posttest dengan 28 siswa sebagai sampel. Tes diberikan sebelum dan sesudah perlakuan yang berlangsung selama delapan pertemuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan, ditunjukkan oleh kenaikan rata-rata skor dari 39,11 menjadi 73,21 serta hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan p < 0,05. Nilai N-gain sebesar 0,58 berada pada kategori sedang, yang mengindikasikan bahwa integrasi Wordwall dalam Game Based Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa. Meskipun demikian, penelitian masih mengalami keterbatasan berupa tidak adanya kelompok pembanding, sampel yang terbatas, dan durasi intervensi yang singkat. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan desain eksperimen yang lebih kuat, melibatkan peserta lebih luas, serta memanfaatkan teknologi pembelajaran mutakhir untuk mengkaji keberlanjutan dampak dan kaitannya dengan kemampuan abad 21 seperti literasi digital, kreativitas, kolaborasi, dan pemikiran kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiah, A., & Sholihah, M. (2025). Boosting elementary science engagement: A qualitative study of baamboozle-based game learning in Indonesian classrooms. Asatiza: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.46963/asatiza.v6i2.2726

Alifa, R., J, F. Y., Amsal, M. F., & Anugrah, S. (2024). Efektivitas Model Games Based Learning Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMPN 4 Sutera. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1687

Allifia Sri Cahyani, Ubadah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas VIII MTsN 2 Kota Palu. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.24239/albariq.v4i1.41

Aluna, F. N., Rakhmawati, N., & Rahman, F. (2025). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Wordwall dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peluang Kejadian. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25139/smj.v13i1.9073

Dewanti, N. S., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2025). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i1.1416

Faizal, J., & Ichsan, A. S. (2025). Critical Reviews of IPAS Learning in Primary Education in Indonesia’s Independent Curriculum. Masaliq. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i2.4901

Fitria, T. N. (2023). Creating an Education Game Using Wordwall: An Interactive Learning Media for English Language Teaching (ELT). Foremost Journal. https://doi.org/10.33592/foremost.v4i2.3610

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.1119/1.18809

Helzi, H., Minsih, M., Desstya, A., & Muhammad, M. (2024). Innovative approaches to science and social studies-centered learning with a focus on student wellbeing in elementary education. Profesi Pendidikan Dasar, 64–79. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v11i1.6173

Ibad, T. N., Oktori, A. R., Wahidah, F., & Prasetyo, S. (2023). Kurikulum dan Pendidikan: Kajian Konseptual Pembelajaran Science di Madrasah Ibtidaiyah Indonesia dan Sekolah Dasar Negara Maju. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.29240/jpd.v7i2.8674

Malone, T. W., & Lepper, M. R. (2021). Making learning fun: A taxonomy of intrinsic motivations for learning. Aptitude, Learning, and Instruction. https://doi.org/10.4324/9781003163244-10

Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press.

Najibudin. (2024). Enhancing Student Learning Outcomes in Citizenship Education Through the Use of Wordwall Application Media in Elementary Schools. International Journal of Teaching. https://doi.org/10.61798/ijt.v2i1.195

Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 599–603.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749

Rahmawati, I., & Saepuloh, D. (2025). The Application of Wordwall Digital Game-Based Learning to Enhance Digital Etiquette Literacy, Learning Motivation, and Student Engagement. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE). https://doi.org/10.24036/011335400

Saputri, I. R. E., Putri, S. E. R., Wulandari, R., Fajriani, S. F., & Hajron, K. H. (2023). Implementasi Game Pembelajaran Interaktif Wordwall. Jurnal Pendidikan Sultan Agung. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.101-112

Septianing, I., Melati, L., Deo, N., Cantika, & Destiani, W. (2024). Pengaruh Penerapan Game Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2722

Suseno, S., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Platform Wordwall dalam Pembelajaran SKI: Systematic Literatur Rivew. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 723–738. https://doi.org/https://doi.org/10.56832/edu.v5i2.1332

Utami, Q., Islami, K. C., Sari, M. A., & Yusup, R. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Tonjong 2 Kota Sukabumi. Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 552–561. https://doi.org/https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3038

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.

Wulandari, A., Sukarno, S., & Matsuri, M. (2023). Implementation of IPAS with an Inquiry Learning Model in Grade 4 Primary School. Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i3.63099

Downloads

Published

2025-12-27