HUBUNGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK VIRAL BLIND BOX DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z

Authors

  • Ellen Angelina Universitas Tarumanagara
  • Agustina Agustina Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37224

Keywords:

Fear of Missing Out (FoMO), Perilaku Pembelian Impulsif, Blind Box

Abstract

Produk viral di media sosial semakin memengaruhi perilaku konsumsi generasi Z, termasuk tren blind box yang menawarkan unsur kejutan dan eksklusivitas. Tingginya paparan konten viral membuat generasi Z lebih rentan mengalami fear of missing out (FoMO), yang dapat memicu pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of missing out (FoMO) dan perilaku pembelian impulsif terhadap produk blind box yang viral di media sosial pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sebanyak 240 partisipan generasi Z berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan meliputi Fear of Missing Out Scale (FoMOS) dan Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS). Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga analisis dilanjutkan dengan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara FoMO dan perilaku pembelian impulsif, yang berarti semakin tinggi tingkat FoMO seseorang, semakin besar kecenderungan mereka untuk melakukan pembelian secara impulsif terhadap produk blind box. Temuan ini menguatkan bahwa FoMO berperan penting dalam memengaruhi perilaku konsumtif generasi Z pada produk viral.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri Wulandari, W. U. L. (2020). Hubungan kontrol diri dengan fear of missing out pada mahasiswa pengguna media sosial (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung). https://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-

Chen, X. (2021). Research on Blind Boxes Consumers---Taking Pop Mart as an Example. In 2021 International Conference on Economic Development and Business Culture (ICEDBC 2021) (pp. 21-26). Atlantis Press. DOi:10.2991/aebmr.k.210712.004

Cynthia, L., & Basaria, D. (2023). Analisis Korelasi Gaya Pengasuhan Orang Tua Dengan Psychological Well-Being Remaja Generasi Z. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1058-1071. https://idm.or.id/JSER/index.php/JSER

Fasya, A. C., & Astuti, S. W. (2025). Pengaruh Konten Influencer Lisa Blackpink pada Produk Boneka Labubu terhadap FOMO (Fear of Missing Out) di Kalangan Gen Z. eProceedings of Management, 12(3).

Lianto, A. L., & Kurniawati, M. (2024). Pengaruh Konformitas Terhadap Impulsive Buying dengan Self-control sebagai Moderator pada Dewasa Awal. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 66–76. https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2656

Maria, V., Irpani, F. S., Khariza, N. A., & Ramadhani, V. (2025b). Analisis Fear of Missing Out (FoMO) Labubu terhadap pembelian impulsif di kalangan masyarakat Indonesia. Menawan: Jurnal Psikologi dan Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.61132/menawan.v3i1.1130

Mustika, W., Kurniawati, M., & Sari, M. P. (2023). Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif kategori produk fashion online pada marketplace. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(1), 141-151. https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1796

Norjanah, N. F. (2024). Pengaruh Social Media Influencer dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Reksadana oleh Generasi Z yang Dimediasi oleh FOMO. 2(2), 630–638.

Nur, F. H., & Jans, R. O. (2025). Pengaruh Fenomena FoMO Karakter Labubu terhadap Penjualan Produk Berbasis Tren Pada Gen-Z.

Phangkawira, S. (2025). Pengaruh ketidakpastian blind box terhadap niat beli: Mediasi nilai, moderasi daring. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 41–58. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2240

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Putri, N. M., Ferlianti, R. A., & Zuhri, S. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif pada Tren Pembelian Boneka Labubu di Kalangan Gen-Z. Komunika: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 2(2), 18-24. https://doi.org/10.70437/komunika.v2i2.847

Rizky, A., Mulyadi, D., & Sungkono, S. (2024). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) Terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Viral di Media Sosial pada Gen-z (studi kasus di Kabupaten Karawang). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(9), 211-219.

SALIM, A., Jatnika, R., & Yudiana, W. (2020). Hubungan Fear of Missing Out dengan Social Media Addiction pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Instagram. https://doi.org/10.35912/jisted.v2i1.2372

Septia, T. (2024, September 19). Labubu Menjadi Trend Berkat Lisa Blackpink. https://umj.ac.id/just_info/labubu-menjadi-trend-berkat-lisa-blackpink/

Tereshchenko, Marharyta. 2020. “The Impact of Social Media on Impulse Buying among Swiss Female Millennials for Online Clothing Businesses.” University Of Plymouth. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10985.72806

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of personality, 15(1_suppl), S71-S83. https://doi.org/10.1002/per.423

Wafa S., & Soedarmadi N. (2021). Subjective well being pada generasi z santri PTYQ remaja Kudus. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 16(2), 183–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.16.2.183-197

Zhang, Y., & Zhang, T. (2022). The effect of blind box product uncertainty on consumers’ purchase intention: The mediating role of perceived value and the moderating role of purchase intention. Frontiers in Psychology, 13, 946527. DOI: 10.3389/fpsyg.2022.946527

Zulfa, D. A., & Kartasasmita, S. Peran Fear of Missing Out (FoMO) Sebagai Moderator Antara Kesejahteraan Subjektif dengan Narsisme pada Dewasa Muda Pengguna Instagram. DOI: 10.47476/reslaj.v6i4.1218

Downloads

Published

2025-12-22