Pengembangan Pengembangan LKPD Berbasis Ethnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP: Sistematic Literatur Review

Authors

  • Sestritama Alega Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Sri Rejeki Dwi Astuti Universitas Jember
  • Siti Shofa Assyifa'ul Qulbi Barid Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37242

Keywords:

Berpikir Kritis, Ethnosains, LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memanfaatkan ethnosains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilakukan dengan metode Systematic Literature Review, yang mengikuti langkah-langkah PRISMA dalam proses mencari, memilih, dan menganalisis artikel. Sumber artikel dikumpulkan dari basis data Google Scholar dan SINTA dengan rentang tahun 2021 sampai 2025 agar informasi yang didapat sesuai dengan perkembangan pembelajaran IPA terbaru. Ditemukan sebanyak 21 artikel yang memenuhi kriteria dan dianalisis untuk menemukan pola temuan yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis ethnosains efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan belajar yang kontekstual, eksploratif, dan dekat dengan budaya lokal siswa. Penyatuan nilai-nilai kearifan lokal dalam LKPD membantu siswa menghubungkan konsep ilmu pengetahuan dengan fenomena di sekitar mereka, sehingga meningkatkan pemahaman, kemampuan menganalisis, dan semangat belajar. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis ethnosains mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendukung kemandirian belajar. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ethnosains dalam pembuatan LKPD merupakan strategi yang relevan dan efektif untuk memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21 serta mendukung penerapan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., Hamdun, G., & Saputra, E. . (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains Terkait Makanan Khas Kawalu Ketupan Air Tanjung Untuk SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 2477–2143.

Anggraini, N., & Sari, A. K. . (2024). Pengaruh Model Pjbl Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Cibeureum. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2024, 9(3), 396–413.

Ardani, Y., Fiqry, R., & Yulianci, S. (2025). Pengaruh Penggunaan Game Etnosains Mpa’a Geo terhadap Generik Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Inpres O’o Donggo. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 412–420. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.1551

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843

Fitria, M., & Widi, A. (2015). The Development of Ethnoscience-Based Chemical Enrichment Book as a Science Literacy Source of Students. International Journal of Chemistry Education Research –, 2(1), 50–57.

Fitriani, I., Dewi, R., Purnamasari, T., & Anggraini, N. (2024). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Ekosistem Di Kelas V Sd Menggunakan Model ADDIE. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 506–516.

Handayani, A. A. A. T., Andayani, Y., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan LKPD IPA SMP Berbasis Etnosains Terintegrasi Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131–135. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2396

Hidayah, N., Idrus, A., Action, A. P.-J. of C., & 2025, U. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains Untuk Melatih Literasi Sains Dan Berpikir Kreatif. Journal of Classroom Action Research, 7(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264

Isvida, M.G.,Sunandar, A., & Rahayu, H. . (2024). The Effect of Problem-Based Learning Integrated with Ethnoscience on Critical Thinking Skills in SMA Negeri 01 Kubu. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 16(1), 51–57. https://doi.org/10.25134/quagga.v16i1.54

Jufrida., Dani, R., Furqon, M., Kurniawan, W., & Riantoni, C. (2024). Training On Developing Electronic Learning Tools Integrated With Ethnoscience Using Heyzine For High School Teachers In Batang Hari Regency. TOFEDU: The Future of Education Journal, 3(5), 1223–1231.

Juhariyani, R., Atmojo, R. . (2025). IntegrasiI Etnosains Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 212–219.

Manggul, F.C.M., Sholikhan., & Pratiwi, H. . (2025). Integrasion of Ethnoscience of Wayang Kulit in Guided Inquiry E-Modul to Strengthen Critical Thinking in Learning Light and Optical Devices. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 8(1).

Novanda, N.A.L., Supeno., Budiarso, A. . (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1435

Nursamsu., Nurhafidhah., & Warsodirejo, P. . (2025). Development of Virtual Lab Integrating Ethnoscience in Project-Based Inquiry Learning Tools to Enhance Creative Thinking Skills. Jurnal Kependendidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, 11(3), 1019–1031.

Putri, V.N., Arsih, F., & Rahmatika, H. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. JURNAL BIOSHELL, 13(1). https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2771

Rahayu, R. Sutikno., Indriyanti, D. . (2023). An ethnosains based project based learning model with flipped classroom on creative thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 348–355. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3051

Septi, S. W., & Masjid, A. Al. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnosains Terintegrasi Tri – N untuk Meningkatkan Dimensi Kreatif Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 8(1), 418–430.

Solichah, P.N., & Sari, D. A. . (2023). Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 596–602.

Wahyuni, K.S.P., Candisa, I.M., & Wibawa, I. M. . (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Wahyuni, S., Novita, M., & Hayat, M. . (2025). Validity And Effectiveness Of Ethnoscience-Based Chemistry Learning Materials On Redox And Chemical Nomenclature To Enhance Students"TM Scientific Literacy And Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 16(4), 433–459. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v16i3.92464

Wahyuni, S., Hartono, F. V., Hafizhah, N., Slavira, L. D., Sri, D., Lisnawati, W., & Izmarini, D. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. 13, 963–969.

Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan keterampilan Abad ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, (October), 1–19.

Downloads

Published

2025-12-25