KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM TAFSIR AL-MISHBAH: IMPLIKASI DEEP LEARNING TERHADAP DZIKIR, FIKIR, DAN AMAL SHOLEH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37379Keywords:
Pendidikan Holistik, Tafsir al-Mishbah, Deep Learning, Dzikir-Fikir- Amal Sholeh.Abstract
Artikel ini mengkaji pendidikan holistik dalam Tafsir al-Mishbah dan relevansinya dengan pendekatan deep learning melalui integrasi dzikir, fikir dan amal sholeh. Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga spiritual dan etis, serta minimnya kajian yang menghubungkan tafsir kontemporer dengan teori pendidikan holistik. Dengan metode kualitatif-deskriptif dan analisis isi terhadap ayat-ayat relevan serta literatur deep learning, penelitian menemukan bahwa dzikir, fikir, dan amal sholeh dipahami sebagai kesadaran spiritual, proses intelektual kritis, dan amal sholeh dipahami sebagai kesadaran spiritual, proses intelektual kritis, dan tindakan etis transformatif yang sejalan dengan prinsip pembelajaran mendalam. Penelitian merumuskan model 3D untuk diterapkan dalam desain pembelajaran dan evaluasi autentik. Implikasi studi ini menegaskan peran integrasi tafsir dan deep learning dalam memperkuat pendidikan Islam yang holistik dan membentuk insan kamil di era modern.
Downloads
References
Abnisa, A. P. (2024). Tafsir Tarbawi: Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan. (N. D. & E. H. Mukhtar, Ed.) (Cetakan I,). Indramayu, Jawa barat: CV. Adanu Abinata.
Musfah, J. (2008). Membumikan Pendidikan Holistik. Buku, 1–3.
Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera hati Jilid 2.
Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera hati Jilid 13.
Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera hati Jilid 15.
Wijayanto, N. (2025). Deep Learning: Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Analitis Melalui Pembelajaran yang Mendalam. Bantul, Yogyakarta: Mandita.
Jurnal :
Bahasa, A., Imran, A., Ankabut, A.-, Rasyada, A., Maulana, D., Salsabila, F., & Rahmawati, A. (2025). Jurnal Ilmiah Al-Furqan, 12(1), 39–57.Abnisa, A. P. (2024). Tafsir Tarbawi: Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan. (N. D. & E. H. Mukhtar, Ed.) (Cetakan I,). Indramayu, Jawa barat: CV. Adanu Abinata.
An, P. A.-Q. U. R. (2022). DZIKIR DAN UPAYA PEMENUHAN MENTAL-SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN Umar Latif Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 5(1), 28–46.
Bahasa, A., Imran, A., Ankabut, A.-, Rasyada, A., Maulana, D., Salsabila, F., & Rahmawati, A. (2025). Jurnal Ilmiah Al-Furqan, 12(1), 39–57.
Mahmuda, I. (n.d.). Imaniar Mahmuda, Konsep Ulul Albab dalam Kajian Tafsir Tematik ............., 219–234.
Muluk, M. S. (2024). Profil Kepribadian Muslim Digital: Integrasi Dzikir, Fikir, Ilmu dan Amal. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 1(2), 222–239. https://doi.org/10.38073/aijis.v1i2.1559
Musfah, J. (2008). Membumikan Pendidikan Holistik. Buku, 1–3.
Mustofa, A. (2016). Ulul Albab Perspektif Pendidikan Islam dalam QS. Ali Imran: 190-191dan QS. Al-Zumar: 9. Urwatul Wutsqo, 5(1), 72–91.
Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran, 5(September), 3258–3267.
Rifai, A. (2025). Memahami Makna Ulil Albab dalam Surah Ali Imron 190-191 Sebagai Keseimbangan Zikir dan Fikir Menuju Akhlaq yang Mulia, 4(2), 1712–1721.
Rochman, B. A. (2020). Implikasi konsep fikir dan dzikir dalam pendidikan islam, 6(2), 319–332.
Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera hati.
Shohib, M. (2025). Hikmah Dzikir Dalam Perspektif Mafatih Al-Ghaib dan Tafsir Al- Misbah ( Tala ’ ah Interpretasi dengan Pendekatan Tafsir Interdisipliner ). Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 6(2), 614–627.
Suharyat, Y., & Asiah, S. (2022). Metodologi Tafsir Al-Mishbah. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i5.289
Syahid, N. (2024). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Filsafat Pendidikan Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 1185–1196. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2535
Utomo, E., Rizqa, M., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2024). Merdeka Belajar dan Pendekatan Holistik : Pendidikan Islam yang Terintegrasi, 225–234.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















