ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MUATAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37382Keywords:
Kesulitan Belajar Siswa; Pembelajaran IPAS; SiswaAbstract
Penulis membahas beragam faktor yang memengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa pada pelajaran IPAS di SD Negeri 02 Sudamanik. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan masalah belajar yang dialami siswa dalam mata pelajaran IPAS. Selain itu, tujuannya juga mencakup identifikasi penyebab masalah tersebut dan pencarian solusi yang tepat untuk mengatasinya. Metodologi kualitatif deskriptif dipilih agar bisa memahami fenomena utama yang menjadi sorotan penelitian. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan model reduksi data. Model tersebut memungkinkan peneliti mendapatkan informasi deskriptif yang berguna untuk menyajikan temuan dan menyimpulkan hasil secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini mengungkap beberapa hal penting. Pertama, siswa sering mengalami banyak kendala dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam. Contohnya, mereka kesulitan memahami konsep dasar dan istilah-istilah asing yang muncul. Kedua, data yang dikumpul menunjukkan berbagai faktor penyebab kesulitan belajar tersebut. Faktor-faktor itu meliputi sikap belajar yang tidak optimal, serta minimnya motivasi belajar. Kekurangan sumber daya dan media pembelajaran, faktor lain yang muncul termasuk kurangnya infrastruktur sekolah. Observasi juga membantu menemukan alasan di balik kesulitan mereka tersebut. Jika faktor internal dan eksternal terbukti menyebabkan kesulitan belajar yang cukup signifikan, maka program dukungan disediakan untuk mengatasi masalah itu. Pelaksanaan program dukungan ekstrakurikuler pun dipantau secara ketat agar bisa berjalan efektif.
Downloads
References
Aini, I. N., Zhafarina Harin Widyawati, Shofiana, A. M., Wulandari, F. N., Nabilah, E. R., & Hilyana, F. S. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. 10.
Alfiany, H., Labesani, C., Tjenemundan, D., & Alfian, M. (2024). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Bahan Ajar Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Pamona Barat. 8, 3759–3766.
Amaliyah, M., Suardana, N., & Selame, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. 4(April), 90–101.
Awang, I. S. (2015). KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. 6(2).
Damayanti, A., Gede, P., & Dikta, A. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS 3 B SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BEBALANG. 4(2), 13–19.
Hafadh, M., Wahyuni, R., & Husnida. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA. 1(2), 64–69.
Ikhsani, N. M., & Alfiansyah, I. (2023). Persepsi Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 6(4), 1597–1608. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7132
Isfayani, E. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP KELAS VII. 3, 79–90.
Masykur, R. (n.d.). TEORI DAN TELAAH PENGEMBANGAN KURIKULUM.
Nurwahidah, C. dhien, Zaharah, & Sina, I. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. 17(1).
Putriani, M. R., Wahyuni, S., Noviani, L., Studi, P., & Ekonomi, P. (n.d.). ANALISIS KESULITAN – KESULITAN YANG DIALAMI GURU EKONOMI UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN.
Rahmah, D. A., & Harahap, R. D. (2024). Jurnal basicedu. 8(2), 1246–1253.
Sa’adah, N., Hermita, N., & Fendrik3, M. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. 6(2), 209–216.
Siregar, N., Saputra, R. H., & Fadila, R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu. 5.
Waluyo, J. D., Yunita, I., Hasan, A., Hidayat, D., Setiawan, B., Studi, P., Ilmu, T., Sosial, P., Tarbiyah, F., & Universitas, K. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Mu ’ alimin Wonodadi , Blitar. 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















