PENGALAMAN BELAJAR SISWA SMP DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MEDIA SIMULASI GUNUNG MELETUS

Authors

  • FIDA LINA Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Wakhidah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37540

Keywords:

Pengalaman belajar siswa SMP, Keterampilan proses sains, Simulasi gunung meletus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengalaman belajar siswa SMP dalam mengembangkan keterampilan proses sains melalui media simulasi gunung meletus menggunakan reaksi kimia dari cuka dan baking soda. Metode yang digunakan ialah kualitatif diskriptif, dengan subjek penelitian para siswa kelas VIII SMP sebanyak 31 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran IPA pada materi struktur bumi. Data yang di dapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama kegaiatan simulasi tersebut berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan simulasi gunung meletus ini dapat memeberikan suatu pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Para siswa yang mengikuti kegiatan simulasi ini juga menunjukan rasa antusiasme tinggi, kemudian kemampuan kerja sama dalam suatu kelompok, serta peningkatan pada keterampilan proses sains seperti mengamati, menafsirkan, dan menyimpulkan fenomena alam. Media simulasi gunung meletus ini terbukti dapat menjelaskan pemahaman konsep yang rumit menjadi jelas atau nyata, sehingga dapat memudahkan para siswa SMP dalam memahami proses terjadinnya gunung meletus. Penelitian ini memberikan implikasi bagi guru untuk mengintegrasikan media simulasi sederhana dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almasri, F. (2022). Simulations to Teach Science Subjects: Connections Among Students’ Engagement, Self-Confidence, Satisfaction, and Learning Styles. Education and Information Technologies, 27, 7161–7181. https://doi.org/10.1007/s10639-022-10940-w

Dohaney, J., Brogt, E., Kennedy, B., Wilson, T. M., & Lindsay, J. M. (2015). Training in crisis communication and volcanic eruption forecasting: design and evaluation of an authentic role-play simulation. Journal of Applied Volcanology, 4(1), 12.

Gizaw, G., & Sota, S. S. (2023). Improving Science Process Skills of Students: A Review of Literature. Science Education International. https://doi.org/10.33828/sei.v34.i3.5

Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156–161.

Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Peningkatan keterampilan proses sains IPA dengan menggunakan metode eksperimen di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(2), 161–167.

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J., & Rohidi, T. R. (1996). F. Analisis Data. IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH, 61.

Okafor, N. (2021). Enhancing Science Process Skills Acquisition in Chemistry among Secondary School Students through Context-Based Learning. Science Education International. https://doi.org/10.33828/sei.v32.i4.7

Rini, E. F. S., & Aldila, F. (2023). Practicum Activity: Analysis of Science Process Skills and Students’ Critical Thinking Skills. Integrated Science Education Journal. https://doi.org/10.37251/isej.v4i2.322

Rukmana, K., & Hanifah, N. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REKAYASA GUNUNG MELETUS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 383–396.

Suman, S. (2020). RELATIONSHIP BETWEEN SCIENCE PROCESS SKILLS AND ACHIEVEMENT IN SCIENCE OF SECONDARY SCHOOL STUDENTS. https://consensus.app/papers/relationship-between-science-process-skills-and-suman/d86eda2a58c0585e9e52bd87f99ebc57/

Twiningsih, A. (2020). Improving Learning Outcomes Through the Use of Media STEM Based in Volcano Eruption Simulation in the Theme of Natural Events. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v2i2.229

Twiningsih, A. T. (2020). Improving Student Learning Outcomes Through Stem-Based Magic Box Medium in The Concept of Addition Theory. International Journal on Research in STEM Education, 2(1), 79–90.

Downloads

Published

2025-12-23