EFEKTIFITAS KONSELING ASERTIF DALAM MENGURANGI TEKANAN SOSIAL PADA MAHASISWA DENGAN POLA PEOPLE PLEASING: STUDI KASUS

Authors

  • FIISABIILILLAH Universitas Negeri Surabaya
  • Zharima Berlian Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Naufal Daffa Danendra Universitas Negeri Surabaya
  • Mayse Shaella Yusel Universitas Negeri Surabaya
  • Mila Yunita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37575

Keywords:

assertive counseling, people pleasing, social pressure, students

Abstract

People pleasing merupakan kecenderungan individu untuk memenuhi harapan orang lain dan mengorbankan kebutuhan pribadi demi validasi sosial. Pada konteks mahasiswa, pola ini dapat berdampak pada meningkatkan tekanan sosial, ketidakmampuan individu untuk menolak permintaan, hingga memperburuk Kesehatan psikologis individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling asertif sebagai pendekatan yang dapat menanggulangi perilaku people pleasing. Penelitian ini bertujuan untuk membahas efektivitas penerapan konseling asertif dalam membantu mahasiswa untuk menyatakan kebutuhan, pendapat, dan batas diri secara tegas namun dengan cara yang tetap menghargai orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling asertif berperan dalam meningkatkan kemampuan individu untuk mengkomunikasikan keinginan pribadi, mengurangi rasa tidak enak hati berlebihan, serta memperkuat regulasi diri dalam situasi interpersonal yang secara langsung mengurangi kecenderungan people pleasing mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti intervensi menunjukkan peningkatan pemahaman diri, keberanian menolak permintaan yang tidak sesuai, serta penurunan beban psikologis terkait tuntutan sosial. Temuan ini mengindikasikan bahwa konseling asertif merupakan strategi intervensi yang relevan dan efektif untuk mengatasi pola people pleasing serta mendukung kesehatan mental mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alberti, R. E., & Emmons, M. L. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships (10th ed.). New Harbinger Publications.

Agustin, N., Conia, P. D. D., & Prabowo, A. S. (2025). Implementasi assertive training untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa dengan teman sebaya. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(4), 898–904.

Ansiska Arlenia, M., Ardika Miftah Farid, D., & Buana Surabaya, A. (2025). Effectiveness of assertiveness training in group counseling to reduce people-pleasing behavior among students in Surabaya. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 9(2), 242–254.

Corey, G. (2023). Theory and practice of counseling and psychotherapy (11th ed.). Cengage Learning.

de Sousa, C. R., & da Costa Padovani, R. (2021). Assertive skills: A comparison of two group interventions with Brazilian university students. Psicologia: Reflexão e Crítica, 34(1).

Egan, G., & Reese, R. J. (2019). Empathetic responding: Work at mutual understanding. In The skilled helper: A problem-management and opportunity-development approach to helping (11th ed.). Cengage Learning.

Eslami, A. A., Rabiei, L., Afzali, S. M., Hamidizadeh, S., & Masoudi, R. (2016). The effectiveness of assertiveness training on the levels of stress, anxiety, and depression of high school students. Iranian Red Crescent Medical Journal, 18(1), 1–10.

Faradita, R. M., Elita, Y., Sinthia, R., Bimbingan, P., Konseling, D., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2018). Pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap kemampuan asertivitas siswa SMPN Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(2), 49–57.

Kemampuan, T., Asertif, K., Wulandari, R., & Anikoh, I. (2025). Konseling individu teknik assertiveness training terhadap kemampuan komunikasi asertif remaja. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 105–118.

Kirana, D. L., Mutiah, R., & Prayona, B. A. (2024). The effectiveness of assertive training in improving assertive behaviour in peer counselors. Psikopedagogia, 13(2), 107–114.

Nafwari, L. F., & Qudsyi, H. (2024). Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan harga diri korban bullying. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 16(2), 245–262.

Nuha, M. S., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Behavioral approach through assertive training in improving interpersonal communication skills of students: A systematic literature review. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(2), 175–189.

Oktaviana, D., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Pengaruh latihan asertif terhadap keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2), 256–263.

Permadani, A. F. (2025). Studi fenomenologi perilaku people pleasing pada mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Psikologi Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 794.

Pratama Putri, A., Rizqi Wahyuningrum, S., Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, B., Tarbiyah, F., & Madura, I. (2021). Efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMK dengan teknik assertive training. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 36–47.

Prayitno. (2017). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Paterson, R. J. (2000). The assertiveness workbook: How to express your ideas and stand up for yourself at work and in relationships. New Harbinger Publications.

Winnayanti, W., & Djanah, M. D. (2021). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku asertif siswa SMA. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 4(1), 57–68.

Downloads

Published

2025-12-23