IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OUTDOOR TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37697Keywords:
Pembelajaran di Luar Kelas, Keterampilan Sosial, Siswa Sekolah Dasar, Pengalaman BelajarAbstract
Keterampilan sosial memainkan peran krusial dalam kehidupan siswa sekolah
dasar karena memengaruhi cara mereka berkomunikasi dan berkolaborasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembelajaran di luar kelas
diterapkan dan dampaknya terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan meninjau berbagai sumber
seperti artikel jurnal, buku, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kegiatan pembelajaran di luar kelas dapat membantu siswa berkolaborasi
lebih mudah, mengembangkan pengendalian diri, dan mengungkapkan pendapat
serta pengalaman mereka dengan lebih percaya diri. Lingkungan belajar yang lebih
santai dan berbasis pengalaman mendorong keterlibatan dan kepercayaan diri
siswa. Namun, penerapannya masih terhambat oleh gangguan lingkungan dan
keterbatasan fasilitas. Oleh karena itu, sekolah dan guru diharapkan memberikan
dukungan yang memadai untuk memastikan pembelajaran di luar kelas yang
optimal.
Downloads
References
Abid Usmansyah, F., Khaeruddin, & Amal, A. (2023). Pengaruh Outdoor Study terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Abimanyu, I., Narulita, H., Lutfiah, L., & Purwani, D. (2024). Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 2024.
Alfiansyah Iqnatia. (2020). PENGARUH OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI DAN MEMECAHKAN MASALAH SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR.
Anggraeni, O., Wahidy, A., & Utami, S. A. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas V SDN 30 Palembang. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 4). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165
Apriliani, M., Putri, S. A., & Unzzila, U. (2024). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.493
Dwi, B., Putra, S., & Mahatmaharti, A. K. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL DI SDN CANDIMULYO.
Fauzi, A., Widodo, H., & Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, S. (2025). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Swasta PAB 5 Klumpang. 04(02).
Kamaliah, L., Tri Hapsari, M., Herliana, W., & Sianturi, R. (2024). Manfaat Penerapan Sistem Belajar Di Luar Kelas (Outdoor learning) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 12(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Laili, Y. N., Juniarso, T., & Hanindita, A. W. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 3658–3668. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8577
Sari, M. R., Aswat, H., Aswat, A., & Rahim, A. (2024). Pembelajaran di Luar Kelas: Menyelami Pengalaman Pembelajaran yang Dinamis dan Beragam untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(01), 28–36. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i01.493
Sarifah, N., & Hanif, M. (2025). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DI KELAS.
Tibe, M. A., Yanti, R., & Eka Jamaluddin, N. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Metode Outdoor Learning dalam Meningkatkan. Nur Eka Jamaluddin INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 769–781.
Wahyuni, S., & Biologi, P. (2024). Pembelajaran Outdoor Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Sekolah. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 4).
Zulfriman, R., Kustanti, M., & Amelia, R. (2024). IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MEMBENTUK LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (Vol. 2, Issue 2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















