Pemeliharaan Lingkungan dalam Perspektif Etika Pendidikan Islam: Integrasi Nilai Tauhid dan Tanggung Jawab Sosial

Authors

  • Nabila Al Najla Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung
  • Imam Syafei Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung
  • Baharudin Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung
  • Ali Murtadho Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37716

Keywords:

Etika Pendidikan Islam, Tauhid, Pelestarian Lingkungan

Abstract

Degradasi lingkungan di berbagai wilayah menunjukkan melemahnya tanggung jawab moral manusia terhadap alam, yang dalam pendidikan Islam dipahami bukan hanya sebagai persoalan ekologis, tetapi juga sebagai isu teologis dan etis. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep pemeliharaan lingkungan berdasarkan etika pendidikan Islam melalui integrasi nilai tauhid dan tanggung jawab sosial. Menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini mengkaji teks-teks Islam klasik, etika lingkungan kontemporer, serta teori pendidikan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tauhid memberikan landasan kuat untuk memandang alam sebagai ciptaan Allah yang wajib dijaga, sedangkan tanggung jawab sosial mendorong manusia untuk mempertahankan keseimbangan ekologis sebagai bagian dari kewajiban kolektif. Integrasi kedua nilai tersebut menghasilkan kerangka etis yang mendorong perilaku ramah lingkungan melalui internalisasi kesadaran spiritual, pendidikan karakter, serta praktik lingkungan berbasis komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam dapat berperan transformasional dalam membentuk sikap peduli lingkungan dengan mendasarkan tindakan ekologis pada etika spiritual dan sosial yang holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, M. “Triangulasi Sumber dalam Penelitian Kualitatif Keislaman.” Jurnal Studi Islam 9, no. 1 (2021): 73–84.

Fathurrahman, M. “Tauhid dan Kesadaran Lingkungan dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Keislaman 7, no. 2 (2019): 120–134.

Fauzan, M. “Integrasi Nilai Keagamaan dalam Pendidikan Lingkungan Hidup.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 145–158.

Herlambang, D. Pendidikan Karakter dan Kepedulian Lingkungan. Bandung: Alfabeta, 2018.

Hidayat, A. Pendidikan Islam Transformatif: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta, 2022.

Munir, S. “Tanggung Jawab Sosial dan Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Sosial Humaniora 9, no. 1 (2021): 55–70.

Nasution, A. Etika Lingkungan dalam Pendidikan Islam. Medan: Perdana Publishing, 2020.

Rahmadi, A. “Pendekatan Studi Pustaka dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 1 (2020): 45–56.

Rahmawati, Dina. “Tanggung Jawab Sosial dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Sosial dan Keagamaan 6, no. 1 (2021): 32–47.

Salim, A. “Pendidikan Lingkungan Berbasis Islam: Pendekatan Ekoteologi di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 11, no. 1 (2022): 88–103.

Sukirman. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Studi Keislaman. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2018.

Wahyudi, R. Etika Lingkungan dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group, 2020.

Wibowo, F. “Analisis Isi sebagai Metode Penelitian Kualitatif.” Jurnal Penelitian Humaniora 14, no. 2 (2019): 98–110.

Downloads

Published

2025-12-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>