IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MTSN 2 MAROS

Authors

  • M Rakha Radli Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Banna Universitas Muslim Indonesia
  • Muh Azhar Burhanuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37734

Keywords:

Pembelajaran Aktif, Prestasi Belajar, Al-QUr'an Hadist

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran aktif (active learning) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran konvensional yang cenderung bersifat satu arah, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan pencapaian akademik. Strategi pembelajaran aktif dipilih karena mampu melibatkan siswa secara langsung melalui aktivitas berpikir, berdiskusi, mengamati, memecahkan masalah, serta merefleksikan pengalaman belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran aktif mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Penerapan metode seperti think pair share, diskusi kelompok, problem based learning, dan teknik demonstrasi terbukti meningkatkan motivasi, keaktifan, serta pemahaman konsep siswa secara signifikan. Selain itu, keterlibatan emosional dan sosial siswa dalam proses pembelajaran turut berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar. Kendati demikian, penerapan strategi ini masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu dan kesiapan guru dalam merancang aktivitas pembelajaran yang kreatif. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran aktif merupakan pendekatan efektif yang dapat meningkatkan prestasi belajar apabila diimplementasikan secara konsisten dan didukung oleh sarana pembelajaran yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, Burniati, Rhini Fatmasari, and Henny Jacobs. 2024. “Motivasi, Disiplin, Lingkungan Sekolah: Kunci Prestasi Belajar.” Aulad: Journal on Early Childhood 7(2):323–33. doi: https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.654.

Dahlan, Zaeni, Abrar Rayyan Sulthan, and Eva Siti Faridah. 2025. “Pembelajaran Aktif Sebagai Pendekatan Pembelajaran Yang Inovatif.” AZKIA: Journal of Islamic Education in Asia 2(1):15–26.

Durisa, Ade Irma, Siti Istiningsih, and Arif Widodo. 2022. “Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar.” Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2):55–63. doi: https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1678.

Firmansyah, Asep, and Nahnu Robid Jiwandono. 2022. “Kecenderungan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning Dan Teacher Centre Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Guru Indonesia 2(1):33–39. doi: https://doi.org/10.51817/jgi.v2i1.229.

Hanaris, Fitria. 2023. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi 1(1):1–11. doi: https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9.

Miftah, Mohamad, and Syamsurijal Syamsurijal. 2024. “Pengembangan Indikator Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif, Dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(1):95–106. doi: https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954.

Mulyana, Irgi Iksan, Hasan Shofiyah, Komara Darutin, and Hambali Balian. 2024. “Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.” Jurnal Ilmiah Spirit 24(2):112–20.

Nurfatimah, Andi, Ishaq Shamad, and Hasibuddin Hasibuddin. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di SDN 24 Maros.” Journal of Gurutta Education 2(2):78–97. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1393.

Pasaribu, Kondios Meidarlin, Lukman Pardede, Irving Josafat Alexander, and Dewi Lestari Pardede. 2024. “Pendekatan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Darma Agung 32(5):350–57. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4808.

Pristiwanti, D., B. Badariah, S. Hidayat, and S. Dewi, R. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):7911–15. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Sanjaya, W. 2020. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yuni, Sus Rahma, Sahroina Rambe, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Strategi Pembelajaran Aktif Di Madrasah.” Journal of Creative Student Research 2(3):1–15. doi: https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i3.3675.

Downloads

Published

2025-12-24