PROSES EDITING VIDEO KONTEN INSTAGRAM DI PRODUCTION HOUSE BUKA PROJECT

Authors

  • Ferdi Maulana Institut Pertanian Bogor
  • Suparman Institut Pertanian Bogor
  • Rr. Renny Soelistiyowati Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37787

Keywords:

editing video, industri kreatif, komunikasi digital, teori thompson dan bowen

Abstract

Buka Project merupakan salah satu production house yang bergerak di industri kreatif, khususnya dalam pembuatan konten Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses editing serta hambatan yang ditemui. Dengan menggunakan studi literatur dan observasi selama magang, data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap aktivitas editing menggunakan CapCut serta tinjauan literatur berdasarkan teori editing Thompson & Bowen (2018). Hasil pembahasan menunjukkan bahwa setiap tahap editing, mulai dari akuisisi hingga finishing, memiliki peran penting dalam menciptakan konten yang menarik secara visual. Namun, masih terdapat beberapa hambatan yang perlu diminimalkan agar proses editing dapat berjalan lebih efektif dan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelie, E., & Valentina, A. (2023). Dampak gaya video editing terhadap peningkatan respon audiens terhadap video Reels Instagram. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 227–235. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i3.28531

Daruhadi, G., & Sopiati, P. (2024). Pengumpulan data penelitian. Jurnal Cendikia Ilmiah, 3(5), 2–3. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.5181

Husnullail, M., Risnita, R., Jailani, M. S., & Asbui, A. (2024). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam riset ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 70–78.

Jailani, M. S. (2020). Membangun kepercayaan data dalam penelitian kualitatif. Primary Education Journal, 4(4), 19–23. https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.72

Kemp, S. (2025). Digital 2025: Indonesia. Diakses 21 Oktober 2025 dari https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia

Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian (Edisi ke-1). Deepublish.

Laila, K. N., & Yanti, S. M. (2022). Proses editing video konten pada Adobe Premiere Pro di TV9 Nusantara Surabaya. Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 2(2), 1–4. https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v2i2.293

Suherman, A. (2025). Penerapan teknik montage editing dalam produksi video iklan promosi Sangsanguniv Indonesia. Journal Liaison Academia and Society, 5(2), 11–12.

Sutrisman, A., Widodo, S., Cofriyanti, E., & Amin, M. M. (2019). Rancang bangun video profil sebagai sarana informasi dan promosi pada Program Studi Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. Jurnal JUPITER, 11(1), 11–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.3405822

Thompson, R., & Bowen, C. J. (2018). Grammar of the edit (Edisi ke-3, pp. 26–29). Routledge.

Downloads

Published

2025-12-23