DAMPAK PROGRAM SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 02 TRENGGULI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37832Keywords:
: Supervis, Kunjungan Kelas, Kompetensi Guru, Mutu Pendidikan, Observasi, DokumentasiAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas terhadap peningkatan mutu pendidikan di SDN 02 Trengguli, khususnya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan supervisi, pemahaman guru, serta perubahan yang terjadi setelah supervisi dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik mengenai supervisi akademik dan mampu menerapkan umpan balik yang diberikan kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Supervisi akademik terbukti berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, mengelola kelas, memilih metode yang tepat, serta meningkatkan interaksi dengan siswa. Selain itu, hasil observasi dan dokumentasi memperlihatkan adanya perubahan nyata dalam kualitas pembelajaran setelah supervisi dilakukan. Meskipun demikian, beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu, variasi kesiapan guru, dan tindak lanjut yang belum optimal masih ditemukan dalam proses supervisi.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdul, C. (2022). Analisis dampak supervisi kelas terhadap kualitas kinerja pendidik. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 48–58.
Ardini, D., Safitri, N., Djum, D., & Benty, N. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Teknik Supervisi Kunjungan Kelas terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di SMP Negeri Kota Malang. Proceedings Series of Educational Studies.
Hassanah, I., Pratidina, I., Untari, S., Sumardjoko, B., & Ati, E. F. (2024). Peran Supervisi dalam Pelaksanaan Kurikulum untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2119–2130.
Helda, H., & Syahrani, S. (2022). National Standards of Education in Contents Standards and Education Process Standards in Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 257–269. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.32
Hilda, E. M., Jati, R. P., & Cahyani, S. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SDN Pleburan 01. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (EISSN:, 7(12), 13407–13411.
Letari, C. A., Syaputri, D., Nurfadilah, Nuraisyah, R. A., & Hardana, S. (2025). Peran Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran : Kajian Pustaka. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 3(1), 91–108.
Maranting, H. S. (2024). Implementasi Supervisi Kelas Bersahabat dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 04(19), 19–28.
Mawardi. (2021). Evaluasi Supervisi Administrasi Kurikulum Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Program Pengajaran. JALHu: Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 7(2), 125–134.
Muhamad, S., Farchani, W., & Jombang, S. A. W. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Implementasi Supervisi Akademik Peserta Didik melalui. Academicus: Journal of Teaching and Learning Vol., 3(2), 109–117. https://doi.org/10.59373/academicus.v3i2.61
Munasir, M., Ilyas, R. M. M., & Erihadiana, M. (2024). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui supervisi akademik. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 164–170.
Ozer, M., & Perc, M. (2020). Dreams and realities of school tracking and vocational education. Palgrave Communications, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.1057/s41599-020-0409-4
Pedagogik, K., Dalam, G., & Kelas, P. (2024). Pengaruh supervisi akademik kunjungan kelas terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan kelas. 7(2).
Rangga, A. (2023). Penerapan Supervisi Kelas Bersahabat Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas Di SDI Bidara. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 156–169.
Riwanto, A., Haryati, T., & Sudana, I. M. (2023). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(2), 237–250.
Rohman, M. (2016). Problematika Guru Dan Dosen Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 51. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i1.547
Rumapea, T. (2025). Dampak Tindak Lanjut Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di TK Santa Maria Sidikalang TP. 2024/2025. Quaerite Veritatem: Jurnal Pendidikan, 4(2), 228–236.
Saputra, S. A., Novianto, E., & Radinal, W. (2024). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MI Muhammadiyah Banjar Agung Oku Timur. NURHIDAYAH, 1(1), 96–106.
Suparti, S., Zahro, N. H., Sutopo, A., & Narimo, S. (2025). Implementasi Program Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 281–292.
Susilawati. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Supervisi Kunjungan Kelas dan Pendampingan di SD Negeri 42 Rejang Lebong. Literasi Kita Indonesia, 4(3), 31–38.
Syabirin, Wicakso, L., & Zakso, A. (2025). Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri Sektor Barat Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 279–293.
Wartaya, I. K. (2023). Implementasi Supervisi Akademik Teknik Kunjungan Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 93–104.
Werong, W., Dwikurnaningsih, Y., & Iriani, A. (2024). Evaluasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP YPPK Bonaventura Sentani Papua. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4225–4236.
Widyawati, Y., Sutopo, A., & Wulandari, M. D. (2025). Perspektif Guru terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik Melalui Teknik Kunjungan Kelas di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 8(3), 88–97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















