STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDEKATAN EMPAT PILAR SEKOLAH ALAM DI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

Authors

  • Nenni Aprilia Ningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • ,Dewi Oktafiyani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dhiva Alfioniwa Putri Hermansyah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Alfan Hadziq Al Lutfi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Permata Diva Ramadhani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nur Ari Fathurohmah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Taufik Muhtarom Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38049

Keywords:

sekolah alam, karakter, pilar pendidikan

Abstract

Pembentukan karakter kepada anak, khususnya jenjang sekolah dasar sangat penting. Namun realitanya, karakter dan moral siswa semakin merosot dalam dunia pendidikan. SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta merupakan salah satu sekolah swasta unggulan yang berfokus pada pembentukan karakrer dan moral siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘shalih’; (2) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘pembelajar’; (3) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘pemimpin’; (4) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘bisnis’ di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Teknik analisis data didasarkan pada teori Miles dan Huberman, yaitu (i) penggumpulan data, (ii) redukai data, (iii) penyajian data, dan (iv) penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian, triangulasi teknik melalui wawancara dengan narasumber secara langsung. Kemudian, tianggulasi sumber melalui kegiatan observasi dan dokumentasi di lapangan. SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta membentuk karakter siswa melalui pendekatan empat pilar sekolah alam, yaitu ‘shalih’, ‘pembelajar’, ‘pemimpin’, dan ‘bisnis’. Program ‘shalih’ dilaksanakan melalui kegiatan keteladanan dan pembiasaan. Program ‘pembelajar’ dilaksanakan kegiatan belajar bersama alam (BBA) dan riset. Program ‘pemimpin’ melalui
kegiatan pramuka dan outbound. Terakhir, program ‘bisnis’ dilakukan melalui kegiatan berkebun, beternak, dan berjualan.
Kata Kunci: sekolah alam, karakter, pilar pendidikan 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Abdillah, A. (2018). pembelajaran Terpadu: Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Basir, A., & Ramadan, W. (2017). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Sekolah Alam (Studi Kasus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru). Muadalah, 4(1).

Cahyani, N., & Raharjo, T. J. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di PAUD Sekolah Alam Ungaran. Lifelong Education Journal, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.15

Cañón-Vargas, A. M., Melo-Mora, S. P., & Sosa, E. (2025). School Gardens as A Research Setting for Early Childhood Children to Strengthen Their Environmental Awareness and Scientific Skills. Discover Education, 4(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s44217-025-00785-z

Dermawan, O., Busmayaril, B., Irawansyah, I., & Jaya, S. (2021). Character Formation Through Farming Gardening Project At Attamam Elementary School. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 123–141. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.7509

Goldman, D., & Alkaher, I. (2024). Cultivating Environmental Citizenship: Agriculture Teachers’ Perspectives Regarding the Role of Farm-Schools in Environmental and Sustainability Education. Sustainability, 16(16), 6965. https://doi.org/10.3390/su16166965

Grusec, J. E., Goodnow, J. J., & Cohen, L. (1996). Household Work and The Development of Concern For Others. Developmental Psychology, 32(6), 999. https://doi.org/10.1037/0012-1649.32.6.999

Hanama, A., Kristiawan, Y., Siswanto, D. H., & Firman, A. B. P. D. A. (2024). Program Market Day Sebagai Stimulus untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Murid Sekolah Dasar. Murabbi, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.39

Harris, F. (2017). The Nature of Learning at Forest School: Practitioners’ Perspectives. Education 3 13, 45(2), 272–291. https://doi.org/10.1080/03004279.2015.1078833

Haryanti, D. (2020). Pengelolaan Kelas Inklusi Melalui Metode Belajar Bersama Alam (MBBA) di Sekolah Alam Bangka Belitung. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 128–136. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1464

Hiebert, J., Cai, J., Hwang, S., Morris, A. K., & Hohensee, C. (2023). Doing Research: A New Researcher’s Guide. Springer Nature.

Hutson, G., Baird, J., Ives, C. D., Dale, G., Holzer, J. M., & Plummer, R. (2024). Outdoor Adventure Education as A Platform for Developing Environmental Leadership. People and Nature, 6(5), 1974–1986. https://doi.org/10.1002/pan3.10699

Lestari, A., Prameswari, D. A., Nikadinata, V., Munawaroh, R. R. Z., Wardani, N. N. S., & Muhtarom, T. (2025). Analisis Program Keunggulan SDIT Alam Nurul Islam Melalui pembelajaran Kontekstual Dalam Penumbuhan Karakter Tanggungjawab Siswa. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2427–2435. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7258

Miskahuddin, M. (2022). Filosofi Pembinaan Anak Shalih dalam Konsep Al-Qur’An. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(1), 84–101. https://doi.org/10.22373/jim.v19i1.12744

Mulyanah, D., Lestari, R. Y., & Legiani, W. H. (2020). Model kurikulum Sekolah Alam Berbasis karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 75–80. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4439

Ningsih, N. A., & Septikasari, Z. (2024). Perbandingan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar pada Kurikulum Merdeka di Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. Jurnal Basicedu, 8(5), 3516–3528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8158

Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., & Desstya, A. (2023). Strengthening The Character of Caring for The Environment in Elementary Schools through Ecoprint Artwork. International Journal of Elementary Education, 7(3), 394–402.

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–152.

Rahmawati, A., Rahma, A. N., Pradina, N. R., Hasijazh, N., & Muhtarom, T. (2025). Penerapan Metode Outbond untuk Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan Pada Sekolah Alam SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1906–1914.

Rini, C. R. S., & Rigianti, H. A. (2023). Implementasi Metode pembelajaran Berbasis Alam untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di Jogja Green School. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(2), 265–274. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1632

Salsabila, A. (2024). Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4057–4066. https://doi.org/10.58230/27454312.958

Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Experiential Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1101

Triyani, M. P., & Ain, S. Q. (2024). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 019 Lipat Kain Utara Kabupaten Kampar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 5782–5796. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15225

Yunansah, H., Kuswanto, K., & Abdillah, F. (2020). Ekopedagogik: Analisis Pola Pendidikan di Sekolah Alam Bandung. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 115–124.

Downloads

Published

2025-12-24