STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDEKATAN EMPAT PILAR SEKOLAH ALAM DI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38049Keywords:
sekolah alam, karakter, pilar pendidikanAbstract
Pembentukan karakter kepada anak, khususnya jenjang sekolah dasar sangat penting. Namun realitanya, karakter dan moral siswa semakin merosot dalam dunia pendidikan. SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta merupakan salah satu sekolah swasta unggulan yang berfokus pada pembentukan karakrer dan moral siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘shalih’; (2) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘pembelajar’; (3) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘pemimpin’; (4) strategi pembentukan karakter siswa melalui program ‘bisnis’ di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Teknik analisis data didasarkan pada teori Miles dan Huberman, yaitu (i) penggumpulan data, (ii) redukai data, (iii) penyajian data, dan (iv) penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian, triangulasi teknik melalui wawancara dengan narasumber secara langsung. Kemudian, tianggulasi sumber melalui kegiatan observasi dan dokumentasi di lapangan. SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta membentuk karakter siswa melalui pendekatan empat pilar sekolah alam, yaitu ‘shalih’, ‘pembelajar’, ‘pemimpin’, dan ‘bisnis’. Program ‘shalih’ dilaksanakan melalui kegiatan keteladanan dan pembiasaan. Program ‘pembelajar’ dilaksanakan kegiatan belajar bersama alam (BBA) dan riset. Program ‘pemimpin’ melalui
kegiatan pramuka dan outbound. Terakhir, program ‘bisnis’ dilakukan melalui kegiatan berkebun, beternak, dan berjualan.
Kata Kunci: sekolah alam, karakter, pilar pendidikan
Downloads
References
Ananda, R., & Abdillah, A. (2018). pembelajaran Terpadu: Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Basir, A., & Ramadan, W. (2017). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Sekolah Alam (Studi Kasus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru). Muadalah, 4(1).
Cahyani, N., & Raharjo, T. J. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di PAUD Sekolah Alam Ungaran. Lifelong Education Journal, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.15
Cañón-Vargas, A. M., Melo-Mora, S. P., & Sosa, E. (2025). School Gardens as A Research Setting for Early Childhood Children to Strengthen Their Environmental Awareness and Scientific Skills. Discover Education, 4(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s44217-025-00785-z
Dermawan, O., Busmayaril, B., Irawansyah, I., & Jaya, S. (2021). Character Formation Through Farming Gardening Project At Attamam Elementary School. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 123–141. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.7509
Goldman, D., & Alkaher, I. (2024). Cultivating Environmental Citizenship: Agriculture Teachers’ Perspectives Regarding the Role of Farm-Schools in Environmental and Sustainability Education. Sustainability, 16(16), 6965. https://doi.org/10.3390/su16166965
Grusec, J. E., Goodnow, J. J., & Cohen, L. (1996). Household Work and The Development of Concern For Others. Developmental Psychology, 32(6), 999. https://doi.org/10.1037/0012-1649.32.6.999
Hanama, A., Kristiawan, Y., Siswanto, D. H., & Firman, A. B. P. D. A. (2024). Program Market Day Sebagai Stimulus untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Murid Sekolah Dasar. Murabbi, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.39
Harris, F. (2017). The Nature of Learning at Forest School: Practitioners’ Perspectives. Education 3 13, 45(2), 272–291. https://doi.org/10.1080/03004279.2015.1078833
Haryanti, D. (2020). Pengelolaan Kelas Inklusi Melalui Metode Belajar Bersama Alam (MBBA) di Sekolah Alam Bangka Belitung. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 128–136. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1464
Hiebert, J., Cai, J., Hwang, S., Morris, A. K., & Hohensee, C. (2023). Doing Research: A New Researcher’s Guide. Springer Nature.
Hutson, G., Baird, J., Ives, C. D., Dale, G., Holzer, J. M., & Plummer, R. (2024). Outdoor Adventure Education as A Platform for Developing Environmental Leadership. People and Nature, 6(5), 1974–1986. https://doi.org/10.1002/pan3.10699
Lestari, A., Prameswari, D. A., Nikadinata, V., Munawaroh, R. R. Z., Wardani, N. N. S., & Muhtarom, T. (2025). Analisis Program Keunggulan SDIT Alam Nurul Islam Melalui pembelajaran Kontekstual Dalam Penumbuhan Karakter Tanggungjawab Siswa. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2427–2435. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7258
Miskahuddin, M. (2022). Filosofi Pembinaan Anak Shalih dalam Konsep Al-Qur’An. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(1), 84–101. https://doi.org/10.22373/jim.v19i1.12744
Mulyanah, D., Lestari, R. Y., & Legiani, W. H. (2020). Model kurikulum Sekolah Alam Berbasis karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 75–80. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4439
Ningsih, N. A., & Septikasari, Z. (2024). Perbandingan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar pada Kurikulum Merdeka di Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. Jurnal Basicedu, 8(5), 3516–3528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8158
Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., & Desstya, A. (2023). Strengthening The Character of Caring for The Environment in Elementary Schools through Ecoprint Artwork. International Journal of Elementary Education, 7(3), 394–402.
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–152.
Rahmawati, A., Rahma, A. N., Pradina, N. R., Hasijazh, N., & Muhtarom, T. (2025). Penerapan Metode Outbond untuk Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan Pada Sekolah Alam SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1906–1914.
Rini, C. R. S., & Rigianti, H. A. (2023). Implementasi Metode pembelajaran Berbasis Alam untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di Jogja Green School. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(2), 265–274. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1632
Salsabila, A. (2024). Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4057–4066. https://doi.org/10.58230/27454312.958
Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Experiential Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1101
Triyani, M. P., & Ain, S. Q. (2024). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 019 Lipat Kain Utara Kabupaten Kampar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 5782–5796. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15225
Yunansah, H., Kuswanto, K., & Abdillah, F. (2020). Ekopedagogik: Analisis Pola Pendidikan di Sekolah Alam Bandung. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 115–124.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















