IMPLEMENTASI MORNING ASSEMBLY SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i4.38055Keywords:
student discipline, morning assembly, character building, elementary school, case studyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan morning assembly sebagai strategi penguatan karakter siswa di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan morning assembly menjadi rutinitas yang terstruktur dan berperan dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, religius, sopan santun, dan cinta tanah air pada siswa. Pelaksanaan kegiatan meliputi baris-berbaris, doa bersama, menyanyikan lagu nasional, penyampaian pesan moral, serta informasi sekolah. Strategi penguatan karakter dilakukan melalui keteladanan guru, pembiasaan, pengawasan langsung, pemberian pesan moral, penguatan positif, dan pelibatan siswa sebagai petugas apel. Penelitian juga menemukan kendala seperti masih adanya siswa yang datang terlambat, ketertiban barisan yang belum stabil, kurangnya dukungan pembiasaan dari rumah, serta gangguan cuaca. Meskipun demikian, kegiatan morning assembly memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kedisiplinan siswa serta terciptanya lingkungan sekolah yang lebih tertib dan kondusif. Temuan ini menegaskan pentingnya rutinitas sekolah sebagai sarana efektif pendidikan karakter di sekolah dasar.
Downloads
References
Ardiansyah, A., & Rahmawati, N. (2022). Implementasi kegiatan rutin pagi dalam menanamkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4152–4163. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4356
Hidayat, R., & Ramadhanti, S. (2022). Strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(4), 4565–4574.
Lickona, T. (2013). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Mayasari, N., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Penerapan pembiasaan sekolah dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(3), 395–405.
Nirmalasari, S., Hasmiati, H., & Nurjannah, N. (2021). Bentuk dan faktor penyebab perilaku bullying di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 154–160.
Sukawati, D., Muiz, A., & Ganda, Y. (2021). Analisis perilaku bullying pada siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(1), 360–366.
Wulandari, E., & Tampubolon, R. (2020). Penguatan karakter melalui pembiasaan kegiatan sekolah pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendas, 7(2), 122–130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















