FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR: SEBUAH SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Esti lestari Sekolah Pascasarjana Unnes
  • Sri Sumartiningsih Sekolah Pascasarjana Unnes

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38103

Keywords:

Motivasi belajar, Siswa sekolah dasar, Faktor internal, Faktor eksternal

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam pendidikan karena mendorong perilaku belajar siswa secara internal. Pada jenjang sekolah dasar, motivasi belajar tidak hanya mempengaruhi pencapaian akademik, tetapi juga perkembangan keterampilan sosial, kreativitas, dan karakter anak. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur sistematis (SLR) dengan analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar serta interaksinya. Pencarian literatur dilakukan melalui Scopus dan Google Scholar dengan kata kunci terkait motivasi belajar, siswa sekolah dasar, efikasi diri, peran guru, dan dukungan orang tua, terbatas pada publikasi 10 tahun terakhir. Dari 202 artikel yang diperoleh, 13 artikel teks lengkap yang dijelaskan. Hasil menunjukkan motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti minat, efikasi diri, kreativitas, dan motivasi intrinsik, serta faktor eksternal, termasuk peran guru, dukungan orang tua, lingkungan sekolah, metode pembelajaran, dan kondisi sosial. Peran guru dan dukungan orang tua menjadi faktor utama, terutama dalam pembelajaran berani dan masa pandemi COVID-19. Analisis bibliometrik menunjukkan penelitian masih dominan pada peran guru, dukungan keluarga, dan strategi pembelajaran, sedangkan faktor interaksi internal dan eksternal serta konteks khusus masih sedikit diteliti. Kajian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar dan memberikan dasar bagi guru, orang tua, dan sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh metode blended learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000.

Barokah, A., Rahmawati, A., Fatmawat, N., & Komariyah, S. (2024). Studi literatur: analisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi dan minat belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4807–4815.

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Analysis Of Bullying Behavior On Elementary School Students’learning Motivation. Pandu: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 26–30.

Desryani, D., & Mustika, D. (2022). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1252–1259.

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485–494.

Gumala, Y., Indriyani, T., & Ruby, A. C. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3905–3912.

Handayani, N. A., & Masyithoh, S. (2023). Hubungan Antara Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 8(1), 16–21.

Handayani, R. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15–26.

Handayani, S., Marlina, M., & Desyandri, D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 125.

Indah, M. Y. N., Yanti, M. M., Arifi, Y., Pawestri, A. A. M., & Hermahayu, H. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal Varidika, 32(1), 61–69.

Mulyana, N. (2017). Hubungan gaya kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar penjas pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 41–47.

Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MURABBI, 2(2), 60–71.

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108.

Ramadhani, R. W., Rahayu, R., & Kuryanto, M. S. (2021). Dampak nomophobia terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 97–106.

Saputri, A., & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 455–462.

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149–155.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in education: Theory, research, and applications.

Wafiqni, N., Amalia, S., & Sarifah, I. (2023). Hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 69–82.

Downloads

Published

2025-12-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>