Integrasi Ranah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Kota serang: Analisis Berdasarkan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38166Keywords:
Afektif, Bahasa Arab, Kurikulum Merdeka, Kognitif, PsikomotorikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan paradigma pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Kota Serang seiring penerapan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis kompetensi dan integrasi ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam bagaimana integrasi ketiga ranah tersebut dirumuskan dan diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Arab Fase F berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) dalam SK Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi dokumen dan analisis deskriptif terhadap CP, tujuan pembelajaran, serta keterkaitannya dengan materi unsur bahasa dan keterampilan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Serang telah mengarahkan pembelajaran Bahasa Arab secara holistik, di mana ranah kognitif tercermin dalam penguasaan dan analisis struktur kebahasaan, ranah afektif terintegrasi melalui internalisasi nilai religius dan sikap apresiatif terhadap bahasa Arab, serta ranah psikomotorik diwujudkan melalui praktik komunikatif lisan dan tulisan yang kontekstual. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi ketiga ranah tersebut menjadikan pembelajaran Bahasa Arab lebih bermakna, aplikatif, dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi guru dan pengembang kurikulum dalam merancang pembelajaran Bahasa Arab yang seimbang, komunikatif, dan berorientasi pada pembentukan kompetensi peserta didik secara utuh.
Downloads
References
Albab, Ulil. (2021). Taksonomi Bloom dalam keterampilan berbahasa. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 21(1), 91–113.
Alawiyah, S. (2023). Peran Ranah Afektif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 7(2).
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Anwar, M. S. (2019). Integrasi domain afektif dalam pembelajaran bahasa Arab. Arabiyat, 6(2), 210.
Asyhar, Z. (2018). Metode muhadatsah dalam pembelajaran bahasa Arab. Al-Munzir, 11(2), 189.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Chaer, A. (2014). Morfologi bahasa Arab. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2022). TP, ATP, dan Modul Ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Wikipedia.
Effendy, M. F. (2005). Metodologi pengajaran bahasa Arab. Malang: Misykat.
Elyatul Mu’awanah, & Nurmala, I. (2024). Analisis Integrasi Ranah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah: Perspektif Kurikulum Merdeka. Advances in Education Journal, 1, 140–152.
Fauzi, A. H. (2018). Pengembangan materi kosakata bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 221–234.
Halim, M. I. (2021). Integrasi kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran bahasa. Journal of Islamic Education Research, 4(1), 17.
Hayati, N. (2025). Epistemologi Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Al-Ilmiya: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 259-268.
Herlina, L., Nurbaya, S., Farkhaini, Y. U., Ulfa, N., & Zuhriyah, N. (2025). Perencanaan Dan Desain Pembelajaran.
Hermawan, N. F. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Islam (Kajian Literatur). EL WAHDAH, 6(1), 157-191.
Hidayat, S. (2019). Keterampilan menulis bahasa Arab di MA. An-Nahdhah, 11(1), 32.
Kementerian Agama RI. (2024). Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah (SK Dirjen Pendis No. 3302 Tahun 2024). Jakarta: Dirjen Pendis.
Maulana, R. (2022). Analisis Capaian Pembelajaran Bahasa Arab dengan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(2), 85–96.
Mu'awanah, E., & Nurmala, I. (2024). Analisis Integrasi Ranah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah: Perspektif Kurikulum Merdeka. Advances In Education Journal, 1(3), 140-152.
Mustafa. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif dan Kemampuan Psikomotorik. Jurnal Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(2), 442–455.
Mustofa. (2016). Pembelajaran balaghah di Madrasah Aliyah. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 78.
Ni'am, A. M. (2022). Urgensi Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah Di Indonesia: Menelisik Historisitas Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 13-24.
Nurhayati, L. (2020). Strategi pembelajaran istimā‘. Jurnal Lisania: Journal of Arabic Education, 4(1), 14.
Nurhidayati, A., & Ernawati, S. S. (2013). Peningkatan hasil belajar ranah afektif melalui pembelajaran model motivasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 6(2), 112–116.
Rahman, A. (2017). Strategi membaca teks bahasa Arab. Arabiyatuna, 2(1), 56.
Rahmawati, S. R. F., & Haq, S. N. (2023). Increasing the Pedagogical Competency of Arabic Teachers Through HOTS-Based Modules. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 282.
Rusydi Ahmad Thuaimah. (2003). Ta‘līm al-‘Arabiyyah li-Ghayr al-Nāṭiqīn Bihā: Manāhijuhu wa Asālībuhu. Riyadh: Maktabah al-Ma‘ārif.
SK Dirjen Pendidikan Islam No. 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka. (2024), 7823–7830.
Syaifuddin. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 6(2).
Syafitri, K., Dongoran, D. A., & Gusmaneli, G. (2025). Penerapan Taksonomi Bloom dalam Nilai-Nilai Islam. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(4), 229-250.
Widodo, S. (2023). Relevansi Taksonomi Bloom dalam penyusunan tujuan pembelajaran. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 16(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















