PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SINERGI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fajar Sri Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hana Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38182

Keywords:

Karakter Disiplin, Guru, Budaya Sekolah, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter disiplin siswa melalui sinergi antara guru dan budaya sekolah di MI Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an. Pendidikan karakter disiplin menjadi aspek penting dalam membentuk tanggung jawab, kemandirian, dan etos kerja siswa sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah dan dua guru kelas yang dipilih secara purposive karena berperan langsung dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian  di analisis dengan model Cresswell yang meliputi pengorganisasian data, pembacaan keseluruhan, pengkodean, pengembangan tema, dan penafsiran makna temuan. Hasil penelitain menunjukkan bahwa pembentukan karakter disiplin dilakukan melalui tiga strategi utama, yaitu (1) Pembiasaan ibadah dan hafalan, (2) Pembiasaan adab, serta (3) Pemantauan perilaku melalui buku mutabaah yaumiyah. Ketiga strategi tersebut saling melengkapi dalam menumbuhkan kesadaran disiplin siswa secara internal. Guru berperan sebagai teladan dalam menanamkan nilai disiplin melalui sikap dan perilaku sehari-hari, sedangkan budaya sekolah yang religious mendukung terciptanya lingkungan yang tertib, santun, dan bertanggungjawab. Selain itu, pemberian penghargaan sederhana seperti pujian, stiker, dan pamphlet Student of The Week terbukti efektif meningkatkan motivasi siswa utnuk mempertahankan perilaku disiplin. Dengan demikian, sinergi antara guru dan budaya sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan pembentukan karakter disiplin. Nilai disiplin tidak hanya tertanam melalui aturan, tetapi melalui keteladanan, pembiasaan positif, dan budaya sekolah yang konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W., & Creswell, J David. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). London: SAGE Publications.

Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.163

Hakim, N., Barokah Fasya, M., Shofiyyurrohmah, A., & Ari Toteles, A. (2025). PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.59966/pandu.v3i1.1622

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 19 AMBON. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23

Lestiarini, Y., & Ningsih, T. (2025). BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD NEGERI 2 GLEMPANG. Jurnal Ilmiah pendidikan Dasar, 5(2), 1798–1805.

Magdalena, M. (2018). Melatih Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyatakan Tanggapan dan Saran Sederhana melalui Penguatan Pujian pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 237–245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282

Maulana, I., Haris, A., & Ihwan. (2025). Pengaruh Pembiasaan Ibadah terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bima. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 259–269.

Nasution, A. Z. I., Firman, F., & Nurfarhanah, N. (2025). BUDAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA: KAJIAN SISTEMATIS TENTANG PENDEKATAN DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH. Journal Binagogik, 12(2), 151–160. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1580

Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 119. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593

Oktavia Rahayu, D. N., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MASYARAKAT GLOBAL. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035

Putri, D. A., & Darmawan, R. (2025). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 2(3), 3714–3719. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/4275

Rahayu, S. P., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Manajemen Budaya Sekolah di Tingkat Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1), 61–72. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n1.p61-72

Rahmi, N., Faisal, M., & Pada, A. (2025). IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SDN SAMATA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 192–201. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/22599

Ramadhani, S., Purba, A., Resty, M., Perangin-angin, R. B. B., & Ndona, Y. (2025). Keteladanan Sebagai Model Pengembangan Kebiasaan Disiplin Siswa. PEMA, 5(2), 521–536. https://doi.org/10.56832/pema.v5i2.1204

Taufik, A., & Akip, M. (2021). Pembentukan Karakter Disiplin bagi Siswa. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11(2), 122–136. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1674

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Wibowo, M. T., & Ok, A. H. (2023). PENGARUH KETELADANAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 6(2), 351. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2847

Yudo Handoko, Y. H. (2025). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 201–212. https://doi.org/10.63243/32mpnt61

Downloads

Published

2025-12-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>