INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA REGULER DAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SD INTEGRAL HIDAYATULLAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38296Keywords:
needs at SD Integral Hidayatullah are positive and support the social and emotional development of all studentsAbstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana interaksi sosial terbangun antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus di SD Integral Hidayatullah. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui observasi serta wawancara terhadap guru, guru pendamping, dan beberapa siswa. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa siswa reguler mampu menjalin hubungan yang baik dengan siswa berkebutuhan khusus, terlihat dari sikap menerima, membantu, dan bekerja sama dalam kegiatan pembelajaran maupun aktivitas sehari-hari di sekolah. Guru dan guru pendamping memiliki peran penting dalam memberikan arahan kepada siswa serta menciptakan suasana yang aman dan inklusif. Walaupun masih terdapat kendala seperti gangguan komunikasi dan penyesuaian perilaku pada sebagian ABK, penerapan pendidikan inklusif di sekolah ini berjalan dengan cukup efektif. Secara keseluruhan, hubungan sosial antara siswa reguler dan ABK di SD Integral Hidayatullah berkembang positif dan mendukung pertumbuhan sosial emosional seluruh peserta didik
Downloads
References
Ayu, I. G., & Suharjuddin, S. (2024). Program Sekolah Ramah Anak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SDN Teluk Pucung VI. Jurnal Pgsd Uniga, 3(2), 32–40.
Firmansyah, M. (2025). Upaya Guru Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 1 Tatura Palu. Universitas Islam Negeri Datokarama palu.
Ines, L. (2025). Interaksi Sosial Murid Reguler dan Murid Inklusi Kelas VII di SMPN 4 Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(3), 82–94.
Jannah, L. F. (2024). Analisis Sikap Toleransi Peserta Didik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas V Sekolah Inklusi SDN Blunyahrejo Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Nabila, N., Kusumawati, Y., & Haris, A. (2025). PENERAPAN MODEL KOLABORASI SOSIAL UNTUK MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GILIPANDA KOTA BIMA. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 284–295.
Nugraheni, D., Rosida, L., & Illiandri, O. (2022). Pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus. LAMBUNG MANGKURAT MEDICAL SEMINAR, 3(1), 20–32.
Nuryadi, A. A., Sania, N. F., Rokhim, A. N. N., Fitammami, V., Jannah, D. N. H., Sari, F. M., & Putra, G. M. C. (2025). Studi Interaksi Sosial Siswa Reguler terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Purwoyoso 04. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(2), 324–336.
Pertiwi, E. P., Ali, A. Z., & Sartinah, E. P. (2025). Filosofi dan Prinsip Dasar Pendidikan Inklusi: Implikasi terhadap Masalah Sosial Masyarakat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 329–346.
Romadhoni, S. A. L., & Nugroho, A. S. (2024). Analisis kepekaan sosial siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 157–164.
Saskia, Y., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2203–2209.
Septiana, N. N., & Khoiriyah, Z. (2024). Metode penelitian studi kasus dalam pendekatan kualitatif. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 233–243.
Sulistianingsih, E., & Harsiwi, N. E. (2025). Persepsi Guru terhadap Tantangan Pembelajaran Bagi Siswa Tunarungu di SLB PGRI Kamal. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 323–333.
WAHYUNI, S. R. I. (2025). Implementasi Program Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 02 Labuah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















