A PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SD MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE

Authors

  • Fitrianingsih fitri Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syafruddin Muhdar Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38793

Keywords:

Whole language Approach, literasi membaca, sekolah dasar, pembelajaran kontekstual, keterampilan abad ke-21

Abstract

Kemampuan literasi membaca menjadi dasar utama pengembangan keterampilan berbahasa dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Hasil asesmen nasional dan penelitian menunjukkan bahwa literasi membaca siswa Indonesia masih rendah, terutama dalam memahami makna tersurat maupun tersirat teks bacaan. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan Whole Language Approach (WLA) dalam meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan literatur ilmiah relevan berupa artikel jurnal, laporan penelitian, dan karya ilmiah lain. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi strategi WLA, dampak, dan implikasi pembelajaran. Hasil telaah literatur menunjukkan bahwa WLA menekankan pembelajaran bahasa secara holistik, mengintegrasikan membaca, menulis, berbicara, dan mendengar dalam konteks bermakna. Strategi inti WLA, seperti reading aloud, shared reading, guided reading, journal writing, dan independent reading/writing, terbukti meningkatkan pemahaman bacaan, keterlibatan aktif, motivasi, dan kemandirian siswa. Pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar interaktif, di mana guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung siswa membangun makna teks secara mandiri dan menafsirkan makna tersirat. Penerapan WLA juga berkontribusi pada pengembangan kompetensi abad ke-21, termasuk berpikir kritis, empati, komunikasi, dan keterampilan problem solving. Kesimpulannya, WLA efektif untuk meningkatkan literasi membaca secara menyeluruh, memotivasi partisipasi siswa, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan karakter peserta didik. Implikasi praktisnya adalah guru dapat merancang pembelajaran Bahasa Indonesia yang kontekstual, kolaboratif, dan bermakna, sehingga literasi membaca tidak hanya menjadi keterampilan akademik, tetapi juga sarana pengembangan kompetensi hidup siswa secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti, Herlina Usman, and Nidya Chandra Muji Utami. 2024. “Improving Reading Comprehension Skills Through a Whole Language Approach in Fifth Grade Elementary School Students.” Journal for Lesson and Learning Studies 7(1):153–61.

Aisyah, Siti, Gusti Yarmi, Mohamad Syarif Sumantri, and Vina Iasha. 2020. “Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3):637–43.

Amir, Nurul Azizah, Muhammad Irfan, and Siti Raihan. 2024. “Analysis of Elementary School Students’ Reading Literacy Ability in" Kurikulum Merdeka" Learning in Bulukumba Regency.” Pinisi Journal of Education 4(2):224–35.

Asyari, Nikola, and Krisno Budi Prasetyo. 2025a. “Strategi Peningkatan Literasi Membaca Melalui Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas IV Di UPT SD Negeri Sinar Mulyo.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):185–93.

Asyari, Nikola, and Krisno Budi Prasetyo. 2025b. “Strategi Peningkatan Literasi Membaca Melalui Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas IV Di UPT SD Negeri Sinar Mulyo.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):185–93.

Balista, Arahmana, and Duwi Nuvitalia. 2023a. “Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Silent Reading Menggunakan Media Cerita Rakyat.” Janacitta 6(2):115–23.

Balista, Arahmana, and Duwi Nuvitalia. 2023b. “Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Silent Reading Menggunakan Media Cerita Rakyat.” Janacitta 6(2):115–23.

Dharma, I. Made Aditya, Muhammad Sururuddin, Ida Bagus Putrayasa, and I. Nyoman Sudiana. 2023a. “Pendekatan Whole Language Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10(1):229–40.

Dharma, I. Made Aditya, Muhammad Sururuddin, Ida Bagus Putrayasa, and I. Nyoman Sudiana. 2023b. “Pendekatan Whole Language Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10(1):229–40.

Kharismawati, Melinda Putri, Tri Wahyuni Chasanatun, and Soeprijadi Djoko Laksana. 2022a. “Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3:1593–99.

Kharismawati, Melinda Putri, Tri Wahyuni Chasanatun, and Soeprijadi Djoko Laksana. 2022b. “Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3:1593–99.

Maharani, Antica Krisnina, and Duwi Nuvitalia. 2023. “Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Reading Aloud Dengan Media Cerita Bergambar.” JANACITTA 6(2):75–84.

Rahmawati, Ida Yeni, Raya Nurlianharkah, Cahyo Hasanudin, and M. Fadlillah. 2021a. “Aktualisasi Whole Language Sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Edutama 8(2):49–60.

Rahmawati, Ida Yeni, Raya Nurlianharkah, Cahyo Hasanudin, and M. Fadlillah. 2021b. “Aktualisasi Whole Language Sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Edutama 8(2):49–60.

Sari, Dyah Ayu Kartika, and Ezra Putranda Setiawan. 2023. “Literasi Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, Dan Jenjang Pendidikan: Survei PISA.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8(1):1–16.

Triana, Dea, Nurul Hidayah, Ayu Reza Ningrum, and Diah Rizki Nur Khalifah. 2025a. “PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DI SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(03):227–51.

Triana, Dea, Nurul Hidayah, Ayu Reza Ningrum, and Diah Rizki Nur Khalifah. 2025b. “PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DI SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(03):227–51.

Triana, Dea, Nurul Hidayah, Ayu Reza Ningrum, and Diah Rizki Nur Khalifah. 2025c. “PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DI SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(03):227–51.

Viora, Dwi, Endang Wahyuningsi, Yenni Fitra Surya, and Rusdial Marta. 2021a. “Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):9379–86.

Viora, Dwi, Endang Wahyuningsi, Yenni Fitra Surya, and Rusdial Marta. 2021b. “Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam

Downloads

Published

2025-12-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>