PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP

Authors

  • Arif Budi Prasertya Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Alwen Bentri Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Abna Hidayati Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ulfia Rahmi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39083

Keywords:

Pengembangan, Video Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Bahasa Inggris

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran interaktif ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar pembelajaran bahasa inggris. Hal ini membuat siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa inggris kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari empat tahap: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Validitas dilakukan pada dua ahli media dan satu ahli materi. Untuk uji praktikalitas dan efektivitas dilakukan pada 30 orang peserta didik. Hasil penilaian uji validitas ahli materi memperoleh skor 3,26 dengan kategori kategori “Sangat Valid”. Hasil penilaian uji validitas ahli media I dan ahli media II memperoleh nilai 3,61 dan 3,92 dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil penilaian pada uji Praktikalitas produk mendapatkan nilai 3,65 yang dikategorikan “Sangat praktis” dari 30 orang peserta didik. Hasil penilaian uji Efektivitas dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik dan ketuntasan klasikal pada nilai rata-rata pre-test 46,83 dan rata-rata post-tes 77.67 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan data tersebut, media pembelajaran video interaktif pada mata pelajaran bahasa inggris kelas VII SMP dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Daniyati et al. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research.

Andjani, T. R. (2022). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Anisa & Sya (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris... Karimah Tauhid.

Baharuddin et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al Asma: Journal of Islamic Education.

Beege & Ploetzner (2025). Explanations, Navigation, and Cognitive Load. Instructional Science

Bentri, A., Hidayati, A., & Sunarti, V. (2022). Training in Making IT-Based Learning Media in Successful Independent Learning for Vocational School Teachers.

Hendi et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Cendekia.

Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How Video Production Affects Student Engagement (MOOC Study).

Husein, B. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa.

I Komang Sukendra. (2019). Instrumen Penelitian.

Lestari et al. (2023). Pengembangan Video YouTube sebagai Media Pembelajaran.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Prosiding Simposium Nasional Ilmiah.

Sembiring et al. (2015). Metodologi Penelitian. PT MAFY Media Literasi Indonesia.

Sastramiharja et al. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar. Edutech.

Wijayanti & Gunawan (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Media Youtube. RESONA.

Yernita Putri Zai et al. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif. JIPTI.

Downloads

Published

2025-12-25