EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WORDWAAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39194Keywords:
Wordwall Media, Learning OutcomesAbstract
ABSTRACT
The Effectiveness of Using Wordwall Media to Improve Student Learning Outcomes on the Material of Indonesian Cultural Wealth. This study aims to examine whether there is an effectiveness of the application of Wordwall media on learning outcomes on the material of Indonesian Cultural Wealth in class IV of Tarikolot 04 State Elementary School, Bogor Regency in the 2024/2025 academic year. The results of this study indicate that there is an effectiveness of using wordwall media on learning outcomes on Indonesian Cultural Wealth Material. This can be seen from the average value of N-Gain in the experimental class of 79, while the average value of N-Gain in the control class is 71.5. The completeness of learning outcomes obtained by the experimental class group was 82.5% while the control class was 70%. As well as the results of hypothesis testing that H0 is rejected and Ha is accepted because t-count (5,03356) > t-table (1.99085). From the results of the study it can be concluded that the use of Wordwall media is effective on the learning outcomes of Indonesian Cultural Wealth Material. The results of this study are expected to provide new knowledge about the use of Wordwall media to improve learning outcomes.
Downloads
References
Aidah, Nur, dan Nurafni Nurafni. 2022. “Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi.” Pionir: Jurnal Pendidikan 11(2): 161–74.
Andi Asari, Zulkarnaini, Hartatik, Ahmad Choirul Anam, Suparto, Jacomina. 2020. 11 Sustainability (Switzerland) Pengantar Statistik. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.
Aprilia, Dwi Putri, Dewi Tryanasari, dan Apri Kartikasari. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Game Edukasi Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS Di SDN Karangtengah 4 Ngawi.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 5: 265–71. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.
Aziz, Amirul, dan Anita Puji Astutik. 2023. “Efektivitas Media Wordwall dalam Meningkatkan Fokus Pembelajaran Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti.” Intizar 29(2): 147–62.
Berutu, Roina, Juni Agus Simaremare, dan Monalisa Frince S. 2025. “JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan The Influence of Listening Team Strategies on The Ability of Writing News Texts in Class VIII Students of SMP Negeri 37 Medan Pengaruh Strategi Listening Team Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VII.” 5(4): 945–57.
Burhanudin Ata Gusman et al. 2022. “Efektivitas Platform Wordwall pada Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) pada Masa Pandemi.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 11(3): 203–21.
Cahyaningsih, Esty, dan Andi Prastowo. 2024. “Implementasi Wordwall Sebagai Media Penilaian Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” 1(1): 57–73.
Fitri Nuraeni1, Puji Rahayu 2, Buldan Hasyim3, Debi Septiani4, Den Ajeng Khuluqiyah5, Dhias. 2023. “Pengaplikasian Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar Application.” 2(1).
Guntoro, M, Zuki Kurniawan, dan Mia Rosalina. 2022. “Cultural Heritage And Creative Arts Development.” 4(2): 274–80.
Herta, Nurinda, Bella Chairun Nupus, Ratih Sanggarwati, dan Tri Yudha Setiawan. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Seminat Nasional Paedagoria 3: 527–32. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16858/pdf.
Kasa, Benediktus et al. 2021. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” Haumeni Journal of Education 1(2): 154–59.
Khofifah Indra Sukma, Trisni Handayani. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4): 1020–28.
Larasati, Putti, Ida Bagus Putrayasa, dan I Nengah Martha. 2023. “Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3(3): 395–412.
Lubis, Anggianna Putri, dan Ishaq Nuriadin. 2022. “Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4): 6884–92.
Mata, Pada, dan Pelajaran Ipas. 2023. “Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran ipas.” 17(1): 186–96.
Meysandi, S I, E Zumrotun, dan A Widiyono. 2024. “Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD.” Kappa Journal 8(2): 225–29. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/27265.
Mujahidin, Arif Agus et al. 2022. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti.” Innovative: Journal Of Social Science Research 1(2): 552–60.
Mulyani, Siti Ina et al. 2025. “Analisis Kualitas Soal Evaluasi pada Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti SMKN 3 Kota Serang buku ajar . Buku ajar memiliki peran penting dalam menyediakan informasi bagi siswa , di 3 Kota Serang , dengan tujuan agar dapat mengetahui sejauh mana soal pada buku .” 3.
Nabilah, Nindy Puji, dan Attin Warmi. 2023. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 4(2): 1454–64.
Nafian, Rosyid Khoirul, Upita Ayu Widayanti, dan Isna Rahmawati. 2024. “Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Gumul Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ).” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP) 01(04): 747–50.
Nasser dan Tobia. 2025. “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas.” 24(1): 86.
Nisa, Mahwar Alfan, dan Ratnawati Susanto. 2022. “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1): 140.
Novita, Lina, dan Anggun Novianty. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran.” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education) 3(1): 46.
Nugroho, Muhammad Agil, Tatang Muhajang, dan Sandi Budiana. 2020. “Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika.” 03: 42–46.
Peter, Ramot, dan Masda Surti Simatupang. “KEBERAGAMAN BAHASA DAN BUDAYA SEBAGAI KEKAYAAN.” : 96–105.
Pinta, Azizah Rahma, Hamdi Abdul Karim, dan Linda Trisna. 2024. “Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak.” Ta’rim : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol. 5(No. 1): 126–34.
Poni Lestari, Corry Yohana, dan Maulana Amirul Adha. 2023. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Humas Kelas Xi Otkp Di Smkn Jakarta Barat.” Jurnal Media Administrasi 8(1): 35–47.
Puspitasari, Azza Salsabila &. 2020. “Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar.” 2: 278–88.
Putra, Lovandri Dwanda et al. 2024. “Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 12(1): 81–95.
Putri Widyowati, Amilia, Farida Nursyahidah, Mira Azizah, dan Diah Saraswati. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Menggunakan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Sd Pada Pelajaran Matematika.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2): 4032–44.
Rosyidi, Dedi. 2020. “Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif.” 2(April): 1–13.
Sahanata, Meirisa, Rosi Widia Asiani, Ega Dwi Syahputri, dan Ayu Putri Pradani. 2023. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif.” LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 11–21.
Saputri, Resti, Nintin Nurlela, dan Yuyun Elizabeth Patras. 2020. “Pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika.” 03: 38–41.
Sari, Fifi Fitriana, dan Siti Aisyah. 2021. “Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 1(2): 84–98.
Savira, Alifa. 2024. “PANDANGAN TERHADAP KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI.” 1(6): 380–85.
Setiawan, Angga, Wahyu Nugroho, dan Dessy Widyaningtyas. 2022. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping.” TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar 2(2): 92–109.
Sitohang, T, E D Y Simanjuntak, dan ... 2024. “Penggunaan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Bima Utomo.” … Positif: Jurnal Hasil … 2(1): 11–24. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Kegiatanpositif/article/view/790%0Ahttps://journal.arimbi.or.id/index.php/Kegiatanpositif/article/download/790/756.
Soesana, Abigail et al. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Sunardi, Rudi. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Materi Hukum Termodinamika dengan Model Pembelajaran Inkuiri di SMAN 14 Tebo.” 5(2): 6.
Vesha Nuriefer Haliza, Dinie Anggraeni Dewi, Agus Mulyana. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8: 16195–221.
Widiami, Rahma, Yusni Arni, Nabila Azzahra, dan Herlin Mutiara Feby. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Game Digital Wordwall dalam Pembelajaran IPAS Sub Tema : Kekayaan Hayati Flora dan Fauna Kelas 5 di SDN 89 Palembang.” 4: 1703–11.
Yogi Fernando, Popi Andriani, dan Hidayani Syam. 2024. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2(3): 61–68.
Zahroh, Putri Nabilatuz, Wiwin Fachrudin Yusuf, dan Achmad Yusuf. 2024. “Penggunaan Media Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran.” Tadbir Muwahhid 8(1): 123–39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















