PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mutiaramses Mutiaramses Pendas FIP Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni S PENDAS FIP Universitas Negeri Padang
  • Ida Murni PENDAS FIP Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Keywords:

Peran , Guru, Hasil Belajar

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu factor penentu keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis kajian literature. Semua data diambil dari literature berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa jika pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru baik, maka hasil belajar peserta didikpun tinggi dan begitu sebaliknya. Jika pengelolaan kelas tidak baik, maka hasil belajar peserta didik cenderung rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 149-157.

Fauzi, O. D., & Sartika, S. B. (2020). PROFIL PERAN GURU SD DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 160-167.

Husna, N. (2020). peran guru dalam pengelolaan kelas di mi sailul ulum pagotan madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Omomia, O. A., & Omomia, T. A. (2014). Relevance of Skinner’s Theory of Reinforcement on Effective School Evaluaution and Management. European Journal of Psychological Studies, (4), 174-180.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, N. (2015). Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas. Al-ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2), 347-360.

Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan, 10(5).

Downloads

Published

2021-07-02