STUDI FENOMENOLOGI PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN DARING MUATAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA

Authors

  • Indri Dwiyanti state University of Jakarta
  • A.R. Supriatna PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Arita Marini

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175

Keywords:

Penggunaan E-modul, pembelajaran daring, muatan IPA

Abstract

ABSTRACK The aim of this study is to describe the implementation of E-modules utilization in online learning of natural science content at SD Muhammadiyah 5 Jakarta. This research was conducted at SD Muhammadiyah 5 Jakarta. The subjects of this study are fifth grade students of SD Muhammadiyah 5 Jakarta. The approach used in this research is qualitative approach with phenomenological methods. Data collection was through observation, interview, and documentation with the data analysis technique used was the Miles and Huberman model. The results showed that the implementation of E-modules in online learning of natural science content in class V SD Muhammadiyah 5 Jakarta as an effective learning resource and support the students at learning, that helps during online learning, stimulating students and motivating students to learn, and achieving learning goals. The e-module is a web-based module which contains material with pictures, videos and edugames that make learning more engaging for students. The application of E-module received positive responses from various parties, that is students, parents, and outsiders such as other schools. Keywords: E-module use, online learning, natural science content ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan E-modul dalam pembelajaran daring muatan IPA di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas V SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-modul dalam pembelajaran daring muatan IPA di kelas V  SD Muhammadiyah 5 Jakarta sebagai sumber belajar efektif dan membantu siswa dalam belajar yaitu membantu selama pembelajaran daring, meransang siswa serta memberi motivasi belajar kepada siswa, dan tercapainya tujuan pembelajaran. E-modul tersebut merupakan E-modul berbasis web yang memuat materi disertai gambar, video dan edugame yang membuat pembelajaran semakin menarik bagi siswa. Penggunaan E-modul tersebut mendapatkan respon positif dari berbagai pihak yaitu siswa, orang tua, dan pihak luar seperti sekolah lain. Kata kunci: Penggunaan E-modul, pembelajaran daring, muatan IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Evita dkk. 2016. Pengembangan Peserta Didik. Jakarta: UNJ Press.

Andriani, Rika dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.4 No.1

Arnianti. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penamas. Vol. 30 No.2.

Astawan, I Gusti dan I Gusti Ayu Tri Agustiana. 2020. Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Bali: Nilacakra.

Balipost.com.Sistem Daring Dikeluhkan Orangtua, Dewan Desak Kembali ke Sistem Tatap Muka. https://www.balipost.com/news/2020/08/10/141067/Sistem-Daring-Dikeluhkan-Orangtua,Dewan...html (Diakses tanggal 7 November 2020 pada pukul 16.48 WIB).

BBCNews. Virus Corona: Tak Semua Pengajar, Siswa Siap Terapkan ‘sekolah di Rumah. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51906763 (Diakses tanggal 7 November 2020 pada pukul 15.41 WIB).

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2 No. 1.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Imron, Mochamad Ali. 2018. Pengembangan Modul IPA Tema 2 (Selalu Berhemat Energi) Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV SD Krikulum 2013. Skripsi.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.021 tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kumparan.com. Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar (SD), Efektifkah?. https://kumparan.com/atikahtrisnasari97/pembelajaran-daring-pada-siswa-sekolah-dasar-sd-efektifkah-1uOalcXxqUG (Diakses tanggal 28 November 2020 pada pukul 05.53 WIB).

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran covid 19.

Musfiqon. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Nilasari, E., E. Djatmika, dan A. Santoso. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV. Sarnu Untung.

Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Priyanthi, Kadek Aris dkk. 2017. Pengembangan E-modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Karmapati 6. No.6.

Serevina, Vina et al. 2018. Development of E-module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heatand Temperature to ImproveStudent’s Science Process Skills. TOJET (The Turkish Online Journal of Educational Technology). Vol.17.

Setiawan, Conny R.. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soliki, Imam. 2018. Implementasi E-modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). Vol.2 No.2.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada.

Sunarya, Nita. 2018. Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 5.

Sutrisno. 2020. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Universitas Jambi. 2019. Development of E-module Based on Local Widson in Central Learning Model at Kindergartens in Jambi City. European Journal of Educational Research. Vol.8.

Wedyawati, Nelly dan Yasinta Lisa. 2019. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sleman: Deepublish.

Downloads

Published

2021-07-03