HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 5 SDN WIJAYA KUSUMA

Authors

  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Muhamad Anwar Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4315

Keywords:

Hubungan Orang Tua dan Karakter Mandiri

Abstract

Hubungan pola asuh orang tua masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan karakter mandiri pada pembelajar siswa dalam memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Karakter Mandiri Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas 5. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan dari hasil dan kesimpulannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk mencari hubungan atau korelasi antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang didapat dari angket. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara hubungan pola asuh orang tua dengan karakter mandiri pada pembelajaran daring siswa kelas 5 dengan koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan. Koefesien korelasi antara X dan Y sebesar 0,569 berada pada klasifikasi cukup kuat. Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,569 > 0,349) dan p-value = 0,001 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,569 > 0,349) dan p-value = 0,001 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yusri, D., Dausat, J., & Yukl, A. (2020). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING ( Studi Tentang Model dan Penerapannya di MTs Swasta Zakiyun Najah Sei Rampah ) Sejak bahwa pemerintah keberadaan mengajar pada peserta didik dalam hal ini dilaksanakan secara daring nasional m. 1–18.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Mimin Ninawati, Anidin Nurfathurrahimah, Rahma Diyanti, Antikah, Choirunnisa, U. R. (2016). Orang Tua Hebat Untuk Generasi Hebat Melalui Kelas Orang Tua. 1–7.

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Mulyani, R. D., & Suharso, P. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab pada Anak Buruh Perkebunan di Dusun Sukamade Desa Sarongan Kacamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 256–260. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12578

Cicilia Ika Rahayu Nita, Dwi Agus Setyawan, W. L. (2020). Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA https://conference.unikama.ac.id/artikel/. 4(September), 1–7.

Downloads

Published

2022-01-02