IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BENER

Authors

  • Aprilia Fajar Astuti Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4722

Keywords:

pembelajaran daring, matematika, Covid-19

Abstract

Coronavirus membawa dampak bagi semua sektor yang ada di Indonesia termasuk sektor pendidikan, yang menyebabkan proses belajar mengajar tatap muka untuk sementara dihentikan karena pemerintah mengambil kebijakan  menutup sekolah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Penutupan sekolah tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi hampir diseluruh dunia. Selain menutup sekolah, pemerintah juga membatasi aktivitas di luar rumah untuk menghindari kerumunan banyak orang, dengan kebijakan tersebut proses pembelajaran tatap muka disekolah beralih menjadi pembelajaran di rumah atau pembelajaran daring baik tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, 2) mendeskripsikan proses pembelajaran, 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Bener. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan untuk mengumpulkan informasi terkait pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran matematika yang dibuat guru sebelum pembelajaran yaitu meliputi pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 2) proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring melalui aplikasi whatsaap, dengan guru mengirimkan video pembelajaran dan peserta didik memahami video tersebut. Proses pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, 3) proses evaluasi tetap dilaksanakan, namun hanya aspek kognitif saja yang dapat dilakukan evaluasi secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Instruksi Menteri Dalam Negeri.

Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tetang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Diases (Covid- 19).

Mesra, P., Eko, K., & Faizal. C. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. 7 (3).

Nurani, N. I., Din, A. U., & Luthfi, H., M. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. 6 (1).

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rusman. (2018) Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2019). Dasar- Dasar

Proses Belajar Mengajar. Bandung: SBAIgensindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.https://books.google.com/books/about/TeoriBelajardanPembelajarandiSekolah.html?hl==id&id=leVNDwAAQBAJ

Susilo, D. (2021). Manajemen

Perencanaan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Masa Pandemi Covid-19. 08 (1).

Syah. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yudrik. J. (2011). Psikologi

Perkembangan. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

2022-01-02