PENGEMBANGAN MEDIA PAMITUNG (PAPAN MINIATUR HITUNG) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Alda Budi Andzani PGSD STKIP PGRI Sidoarjo
  • Ery Rahmawati PGSD STKIP PGRI Sidoarjo
  • Tri Achmad Budi Susilo PGSD STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5881

Keywords:

Media Pembelajaran, Papan Miniatur Hitung, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui kelayakan pengembangan media PAMITUNG pada pembelajaran matematika, aktivitas siswa menggunakan media PAMITUNG, dan mengetahui hasil belajar matematika pada siswa sesudah menerapkan media PAMITUNG materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini siswa kelas IV di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, mendapat validasi materi 90% dengan kategori layak, validasi media PAMITUNG 86,25% dengan kategori sangat layak. Sedangkan observasi aktivitas siswa mendapat 87,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil belajar matematika siswa terjadi peningkatan dari skor rata-rata pretest 57,34 menjadi skor rata-rata posttest 82 setelah menggunakan media PAMITUNG pada peningkatan nilai N-gain 0,578 termasuk kualifikasi sedang. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pengembangan media PAMITUNG pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD   This research has a purpose to determine the feasibility of developing PAMITUNG media in learning mathematics, student activities using PAMITUNG media, and determine the results learning mathematics for student after applying PAMITUNG media for the perimeter and area of flat shapes. This research is the development or Research and Development (R&D) with the Borg and Gall models. The subjects of this study were students of class IV at SDN Lemahputro 1 Sidoarjo as many as 15 students. According to the reseach result, 90% of the material was validated in the very feasible category, the PAMITUNG media validation was 86.25% with the very feasible category. While the observation of student activities obtained 87,5% with very good qualifications, and student learning outcomes in mathematics increased from an average pretest score of 57.34 to an average posttest score of 82 after using PAMITUNG media on the increase in the value of N-gain by 0.578 including moderate qualifications. Therefore, it is concluded that the development of PAMITUNG media in mathematics learning can improve student learning outcomes in grade IV elementary school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah Untuk Peningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 22–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v3i1.571

Dewi, A. L. S. (2022). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1062–1066. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i1.2919

Faizi, M. F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 224–234. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v3i2.1110

Hendratni, R. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Miniatur Rumah Pada Mata Pelajaran Matematika SD. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1221

Huda, A. H., & Warmi, A. (2022). Korelasi antara Motivasi Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Karawang. Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(3), 4506–4514. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2722

Karim, M. A., & Dkk. (2014). Pendidikan Matematika 2. Universitas Terbuka.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist, Syari’ah dan Tabiyah, 3(1), 171–187. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf

Ramadani, Z., & Oktiningrum, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “MINITIM KABAR” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–168. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Alifmatika/article/view/929

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Suswigi, S., & Zanthy, L. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Cimahi Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Cendekia, 3(1), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.77

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/626

Wijaya, A. T., Wulan, B. R. S., & Rohmatin, T. (2020). Pengaruh Media Diorama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 221–227. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1197

Downloads

Published

2022-12-28