PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 JEPPE’E KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Authors

  • Muhammad Amran PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Nurfatima Mulianti PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Muh Idris Jafar PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5986

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan pada hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya model pembelajaran The Power of Two, di kelas IV SD Negeri 22 Jeppe’e. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu Siswa kelas IV SD Negeri 22 Jeppe’e yang berjumlah 26 orang Pada kegiatan observasi guru mengalami peningkatan siklus I rata-rata 64% kualifikasi Baik (B), meningkat di siklus II 72% kualifikasi Baik (B). Sedangkan kegiatan observasi siswa siklus I rata-rata 64% kualifikasi Baik (B) meningkat di siklus II mencapai 72% kualifikasi Baik (B). Kemudian dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata kelas 68.08 kualifikasi Baik (B), siklus II menjadi 84.04 kualifikasi Baik Sekali (BS). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 22 Jeppe’e.   This study aims to determine whether there is an increase in students' science learning outcomes after the implementation of The Power of Two learning model, in grade IV SD Negeri 22 Jeppe'e. The approach used in this study is a descriptive qualitative approach with the type of classroom action research (CAR). The research subjects are the fourth grade students of SD Negeri 22 Jeppe'e, totaling 26 people. In the teacher observation activities, the average increase in the first cycle was 64% with good qualifications (B), increasing in the second cycle with 72% good qualifications (B). Meanwhile, the observation activities of students in cycle I averaged 64% of Good (B) qualifications, increasing in the second cycle to 72% of Good (B) qualifications. Then from the increase in student learning outcomes in the first cycle with a class average of 68.08 Good qualifications (B), the second cycle became 84.04 Very Good qualifications (BS). So it can be concluded that the application of The Power of Two type cooperative learning model in science learning can improve the learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 22 Jeppe'e.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, M., & Muslimin. (2020). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International License Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Interactive Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4(1), 52–61.

Amran, M. N. A. (2017). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar PENDAHULUAN. 1, 11–22.

Angraeni T. 2019. Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two(Kekuatan Berdua) Menggunakan Media Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA B SMAN 1 SEBERIDA. Skripsi: Universitas Islam Riau

Ansari, L., Salwah, & Ekawati, S. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 56–65.

Budi, S. M. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI madrasah ibtidayyah An Nizham Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Kaharuddin. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi, 9(1), 1–8.

Priatna, A. & Patmawati, I. 2020. Pengaruh Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5(2), 187-203

Sundana, P. A., & Wesnawa, G. A. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Wijaya, S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam JURNAL PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5(1),90-104.

Downloads

Published

2022-12-28