IMPLEMENTASI SARANA PRASARANA RAMAH ANAK DI SDN BEKASI JAYA VII

Authors

  • Suharjuddin Suharjuddin PGSD FIP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yohamintin Yohamintin PGSD FIP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Aulia Gusti Pratiwi PGSD FIP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Novrian Novrian Ilmu Komunikasi Fikom Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6369

Keywords:

Impementasi, Sarana prasarana, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi sarana dan prasarana yang ramah anak di SDN Bekasi Jaya VII Kota Bekasi dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat maupun mendukung pemenuhan sarana dan prasarana yang ramah anak di SDN Bekasi Jaya VII Kota Bekasi. Sarana dan prasana yang ramah anak merupakan satu dari enam indikator utama dari model tata kelola Sekolah Ramah Anak (SRA). Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian dikumpulkan berdasarkan situasi real yang ditemukan di lapangan tanpa adanya intervensi dari para peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara serta dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian dikategorikan menjadi sumber data primer dan sekunder. Triangulasi data menjadi komponen penting dalam penelitian ini dan untuk keperluan validitas dan konfirmasi keabsahan data temuan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif (pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sarana dan prasarana ramah anak dilaksanakan melalui serangkaian tahapan. Pendekatan botton up digunakan dalam pemenuhan saran dan prasarana ramah anak.   The objectives of this research are to analyze the implementation of child-friendly facilities management at Elementary School Bekasi Jaya VII of Bekasi City and to figure out what factors hinder and support the fulfillment of child-friendly facilities at Elementary School Bekasi Jaya VII of Bekasi City. Child-Friendly facilities is one of the six indicator of Child-Friendly School Model Management. This research is a qualitative method with descriptive approach. The data was taken based on real situation in the location without any intervenes from researchers. Technique of data collection uses field observation, in-depth interview and documentation. Source of data consist of primary and secondary data. Triangulation data is used for validation and conformability. Data is analyzed by using interactive model (data collection, data display, data reduction and conclusion). Result of this research shows that the implementation of Child-friendly facilities management is conducted through series of steps. Bottom up approach is used. The management of facilities is conducted systematically: planning, proposing, realizing, maintaining, checking and eliminating. Process of fulfillment is transparent and used system prepared by Educational Department of Bekasi City for the purchasing. This school can be categorized as Child-Friendly School in terms of the facilities. Although some improvement are still needed.

Downloads

Download data is not yet available.

References

UNICEF, “Child Friendly Schools Manual,” Unicef, p. 8, 2005.

U. perlindung Anak, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK,” no. 182, pp. 1–11, 2002.

Kemendikbud, “Panduan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar,” pp. 1–34, 2015.

Kemendikbud, “Pedoman Sekolah Ramah Anak Update,” no. Sekolah Ramah Anak, 2020.

Majidah Khotimatul S, “Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Paud Terpadu Mutiara Yogyakarta,” J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 88–101, 2019.

Nur, Yulistina, DS, "Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sd Islam Terpadu", Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol VI, no,2, p. 161-174, 2021.

Rahmiga, “Kurangnya Sarana Dan Prasarana Belajar Di Sekolah,” Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 7, 2016.

Ruminten, "Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sdn Kedunggalar 4 Dan Sdn Bangunrejo Kidul 4 Kecamatan Kedunggalar", Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol VII, no,1, p. 95-106, 2022.

Suharjuddin and Markum, “Child-Friendly School Policy w ith Children ’ s Rights Approach in Bekasi City,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 387–397, 2021.

Tersiana. A, Metode Penelitian, Cetakan I,. Yogyakarta: Start Up, 2018.

Arikunto. S, Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta, 2019.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta, 2013.

Rony. Z. T., Siap Fokus, Siap Menulis Skripsi, Tesis, Disertasi (Jurus Mudah Gunakan Metode Kualitatif Tipe Studi Kasus). Jakarta: PSSDM, 2017.

Lukitawati. P, “Implementasi pengelolaan sarana prasarana pendidikan di smpn 37 jakarta,” IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SARANA PRASARANA Pendidik. DI SMPN 37 JAKARTA, pp. 1–115, 2015.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras.

Rusydi ananda, kinata oda, “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan,” Saleh Syarbaini, Ed. Medan: CV. Widya Puspita, 2017.

Rodah. D. Pelagia, Muhamad Ali, “MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK,” 2017.

Suci. L. H., “PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IHSAN KABUPATEN BATANGHARI,” vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.

Indrawan Irjus, Pengantar Manajamen Saranadan Prasarana Sekolah, 1st ed. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2015.

Unesa, “Laporan Audit Sarana dan Prasarana Pembelajaran Prodi selingkung Universitas Negeri Surabaya,” 2019.

Trisnawati. N. U., zahri cut Harun, “62 -69 manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sd negeri lamteubee aceh besar,” J. Magister Adm. Pendidik. Pascasarj. Univ. Syiah Kuala, pp. 62–69, 2019.

Downloads

Published

2022-12-28