EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Asdarina Asdarina STKIP Mutiara banten
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Ivan Miftahul Aziz STKIP Mutiara Banten

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6492

Keywords:

Evaluasi Program, Program Ekstrakulikuler, Pencak Silat, Sekolah Dasar

Abstract

Tulisan ini ditulis dengan tujuan untuk memperoleh data secara empiris mengenai pelaksanaan program ekstrakulikuler pencak silat di sekolah dasar.  Penelitian ini mendeskripsikan serta mengevaluasi program ekstrakulikuler pencak silat dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan model CIPP untuk mengevaluasi konteks, input, proses, serta produk sebagai alat evaluasi yang dilakukan. Pengumpulan data dilakukan di SDN Pengampelan Kota Serang melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan dan berlokasi di SDN Pengampelan Kota Serang. Dalam penelitian ini Guru, mentor, dan siswa adalah subjek penelitian. Hasil dari  penelitian ditinjau dari empat tahapan model CIPP menghasilkan kategori sangat baik pada tahap context (konteks), kategori baik pada tahap input (masukan), kategori  baik pada tahap process (proses), dan kategori baik pada tahap product (produk).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. M. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. DIVA Press. https://books.google.co.id/books?id=DG-muAAACAAJ

Ediyono, Suryo; ST, W. (2020). Pembinaan Ekstrakurikuler Olahraga Pencak Silat Di Sd Sekecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2019.

Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat | Ediyono | Panggung. Panggung, 29(3), 300–313. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1014/638

Fitriana, L. A. et. al. (2019). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Universitas Musamus. 4(1), 103–110.

Gristyutawati, A. D., Purwono, E. P., & Widodo, A. (2012). Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(3), 129–135. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/443

Hasanah, S. U. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 211. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1443

Karim. (2017). Pengaruh Keikutsertaan Siswa Dalam Bimbingan Belajar Dan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i1.103

Kenanga, F. (2014). Pengaruh Partisipasi Siswa Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 9(2), 132–139. https://doi.org/10.21009/jiv.0902.7

Kusumandari, P., & Rohmah, N. (2018). Manajemen Ekstrakulikuler Hizbul Wathan untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 267–278.

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887

Lubis, J., & Wardoyo, H. (2014). Pencak silat. RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=G3zaswEACAAJ

Magdalena, I., Rosnaningsih, A., Akbar, M., & Situmorang, R. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Wilayah Kota Dan Kabupaten Tangerang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1768

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49. https://doi.org/10.30872/jim.v13i1.648

Mizanudin, M., Sugiyanto, A., & Saryanto. (2018). Pencak Silat Sebagai Hasil Budaya Indonesia. Prosiding SENASBASA, 264–270. http://researchreport.umm.ac.id/index.php/SENASBASA%0A(Seminar

Nandana, D. D. (2020). Pengaruh Latihan Pencak Silat Terhadap Pembentukan Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Siswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 23–31. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8543

Nurjanah. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. مجلة اسيوط للدراسات البيئة, العدد الحا(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Rizakky, S. (2014). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakulikuler Pencak Silat Dan Non Ekstrakulikuler Pencak Silat Pada SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Jurnal Kesehatan O, 2(1), 9–12.

Soepandi, A., Sukanda, E., & R, U. K. (1998). Ragam cipta: mengenal seni pertunjukan daerah Jawa Barat. Beringin Sakti. https://books.google.co.id/books?id=R8dkAAAAMAAJ

Sudirman Anwar, S. P. I. M. P. I. (2015). Management Of Student Development. Indragiri TM. https://books.google.co.id/books?id=rGcVBgAAQBAJ

Suryosubroto, B. (1990). Tatalaksana kurikulum. Rineka Cipta. https://books.google.co.id/books?id=Gn5snQEACAAJ

Downloads

Published

2022-12-28