PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN METODE HITUNG CEPAT

Authors

  • Ayunis Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Deri Wan Minto Mahasiswa Program Doktor Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

hitung cepat, pemecahan masalah, matematika, sekolah dasar

Abstract

Kemampuan dalam menyelesaikkan masalah adalah hal yang perlu dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini membuat siswa mampu menuntaskan masalah yang berhubungan dengan pembelajaran matematika. Data yang telah didapatkan berdasarkan observasi di SD, keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah sangatlah rendah. Siswa merasa sulit ketika memecahkan persoalan matematika pada operasi hitung. Adapun maksud penelitian untuk mengidentifikasi keterampilan pemecahan masalah matematis siswa kelas yang menggunakan metode hitung cepat dengan kelas yang melaksanakan pembelajaran secara konvensional. Peneltian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SDN 04 Baringin yang menjadi kelas sampel dan SDN 08 Baringin Kelas Kontrol. Penilaianya menggunakan tes kemampuan memecahkan masalah matematika yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data penelitian menjelaskan kemampuan menyelesaikan permasalahan matematika pada kelas eksperimen menerapkan metode hitung cepat lebih unggul dibandingkan keterampilan menyelesaikan masalah matematika kelas kontrol pada materi berhitung. Hal ini dapat dibuktikan nilai rerata kemampuan menyelesaikan masalah matematika di kelas ekperimen dengan metode hitung cepat adalah 76 sedangkan kemampuan kelas pebanding yaitu 71 dengan menerapkan pembelajara konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Dini, Asri Fardila, Galih Dani Septian, Sdn Margakaya, Jln Ciranggon, Pasirjengkol Majalaya Karawang, Sdn Sukamaju, Kp Sukamaju, Padalarang Bandung Barat, Ikip Siliwangi, Jln Terusan, Jendral Sudirman, and Kota Cimahi. 2019. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 02(05):5.

Amin, Eka Nur. 2021. Cara Berhitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Dan Pembahasannya.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astutiani, RISMA, At. e. 2017. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya.” Mathematics Education Journal 1(1):54. doi: 10.22219/mej.v1i1.4550.

Auliya, M. Fajar. 2009. Jarimagic Berhitung Dahsyat Dengan Jari Jarimagic Perkalian DanPembagian. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Ayunis, A., and D. Dorisno. 2022. “Efektifitas Pendekatan Rme Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan … XII.

BNSP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fauzan, Ahmad. 2015. Modul Evaluasi Pembelajaran Matematika. Padang: PPS UNP.

Husna, Raudatul, Sahat Saragih, and Siman. 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa SMP Kelas VII Langsa.” Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA 6(2):175–86.

Khasanah, A. U. 2018. “Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Kelas 2 Sdn Sukorejo.” PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas ….

Khotimah, Khusnul. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII.” EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi 3(2):23–29.

Lestari, Lesta, and Deddy Sofyan. 2014. “Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Matematika Antara Yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Dengan Pembelajaran Konvensional.” Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):95–108.

Putra, Fredi Ganda. 2017. “Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8(1):73–80.

Ruswati, Dela, Widia Tri Utami, and Eka Senjayawati. 2018. “AnalisiRuswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 91–107.s Kesalahan Siswa SM.” Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 5(1):91–107.

Saad, Noor Shah, and Sazelli Abdul Ghani. 2008. Teaching Mathematics in Secondary Schools: Theories and Practices. Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Samsiyah, Nur, and Hendra Erik Rudyanto. 2015. “Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4(1):23–33.

Schunk, Daleh H. 2012. “Learning TheorieLearning Theories an Educational Perspective Teori_Teori Pembelajarans an Educational Perspective Teori_Teori Pembelajaran.” Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&A. Bandung: CV. Alfabeta.

Ulfah, Maulidya, and Lisa Felicia. 2019. “Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council of Teachers of Mathematics (Nctm) Pada Anak.” Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak 1(2):127. doi: 10.24235/equalita.v1i2.5642.

Winarni dan Harmini. 2012. Matematika Untuk PGSD. Padang: PT Remaja Rosdakarya.

YULIANTI, YULIANTI. 2017. “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar.”

Downloads

Published

2022-12-23