Pengembangan Media Puzzle Syllables Letter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Hadi Sakti

Authors

  • Lara Olyvia Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6838

Keywords:

Media Pembelajaran , Puzzle Syllables Letter

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran khususnya untuk membaca permulaan menyebabkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran membaca berkurang. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya adalah media yang berbasis visual. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media Puzzle Syllables Letter untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, mengetahui kelayakan media Puzzle Syllables Letter untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Hadi Sakti. Penelitiaan relevan yang dilakukan oleh Siti Futihat dkk (2020) memiliki letak kesamaan dengan peneliti yakni sama-sama meneliti kelas rendah, mengembangkan media puzzle huruf, sedangkan perbedaan penelitian ini dari peneliti sebelumnya terletak pada cara penggunaan media, aturan permainana, materi dan bahan yang digunakan dalam pembuatan puzzle serta perbedaan kelas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahap penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SD Hadi Sakti, yang bertempat di Jl. Hadi Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Syllables Letter yang dikembangkan dinyatakan sangat layak. Berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 92,5%, penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 98,529%. Respon siswa terhadap media Puzzle Syllables Letter memperoleh skor 96,25% pada uji coba kelompok kecil, sedangkan uji coba kelompok besar memperoleh skor 97,083%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media Puzzle Syllables Letter sangat layak diterapkan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Hadi Sakti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangam Instrument Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyani, Sri. (2009). Upaya meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu. Tesis. Program Pascasarjana. Surakarta. Universitas Sebelaas Maret.

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musaddat, Syaiful, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Mataram: Cerdas Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rayanto, Yudi Hari & Sugianti (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Acedemic & Research Institute.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis GEOGEBRA dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Siswa Kelas XI MIA SMA 3 Takalar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46.

Ermiana, I., Umar, U., Oktaviyanti, I., Fauzi, A., Hidayati, V. R., & Setiawan, H. (2020). Workshop Pembuatan Media Puzzle Berbahan Kardus Bekas Berbasis Tematik Di Sd Negeri 1 Tamansari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Fahrurrozi, F. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 10(2), 111-118.

Hartini, B. H. D., Intiana, S. R. H., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Di Era New Normal. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187

Downloads

Published

2022-12-28