DAMPAK POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN PADANG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7758Keywords:
Pola Asuh Orangtua,, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Taman Kanak-KanakAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pola pengasuhan yang dipakai orangtua dan juga apa pengaruh dari pola asuh orangtua tersebut akan proses berkembangnya sosial emosional anak yang berumur 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Kecamatan Padang Utara. Alasan tujuan penelitian tersebut dikarenakan keterlambatan proses pertumbuhan sosial emosional dari anak yang berumur 5-6 tahun. Hal ini disebabkan oleh pola dalam pengasuhan dari orangtua akan anaknya, mulai dari pola pengasuhan yang otoriter, pola pengasuhan demokratis, dan pola pengasuhan permisif. Metode dari penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif, dimana data dari hasil penelitian ini berbentuk angka. Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini melalui angket dan dokumentasi tentang pengaruh dari pela pengasuhan orangtua akan pengembangan sosial emosional dari anak yang berumur 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Kecamatan Padang Utara. Subyek penelitian yang merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu orangtua anak yang berumur 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Padang Utara dengan strata pendidikan terakhir minimal Sarjana. Hasil dari penelitian memperlihatkan dimana tingkat pola pengasuhan dari orangtua pada Taman Kanak-Kanak Kecamatan Padang Utara masuk dalam kategori yang sedang. Selanjutnya tingkat pengembangan sektor sosial dan emosional dari anak yang berumur 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Kecamatan Padang Utara secara keseluruhan masuk dalam kategori yang cukup tinggi. Terdapat dampak signifikan antara pola pengasuhan dari orangtua akan pengembangan sosial emosional dari anak yang berumur 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Kecamatan Padang Utara, melalui koefisien dengan besar 0,444 dimana diraih signifikan Sig. (2-tailed) dengan besar 0,000 dan nilai Person Correlation pada angka 1. Hal ini memperlihatkan dimana adanya pengaruh akan pola pengasuhan dari orangtua akan pengembangan sosial dan emosional dari anak yang berumur 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Kecamatan Padang Utara diterima melalui level korelasi yang cukup kuat atau sedang antara kedua variabel.Downloads
References
Achmadi, Abu., & Narbuko, Cholid.(2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Arjoni (2017) ‘Pola asuh demokratis sebagai solusi alternatif pencegahan tindak kekerasan seksual pada anak’, 1(1), pp. 1–12.
Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 14(2), 329-345. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3018
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dhahir, D. F. (2017). Parenting Patterns for Children in Accessing Television in Indonesia . Jurnal Pekommas, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020107
Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orangtua Dan Komunikasi Dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyani, L. (2015). Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 17(1), 93-110.
Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Gramedia Pustaka Utama.
Habibi, Muazar. 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish
Hasanah, N., & Sugito. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Junal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913-922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Hurlock, Elizabeth B. (2013). Perkembangan Anak. Jilid 1. Edisi 6. (Penerjemah: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga
Khadijah & Jf, Nurul Zahraini. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya. Medan: Merdeka Kreasi.
Latifah,Ulya. Sagala ,Arnita Chandra Dewi. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang Tahun PeLajaran 2014/ 2015. Jurnal Penelitian PAUDIA.
Mahmud, Alimuddin. (2015). Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Mahyuddin, Nenny. (2019). Emosional Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. AL-Ta Lim, 20(3), 459-465. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Nurhafizah. (2014). Penanaman Perilaku Disiplin pada Anak sejak Usia Dini. Proseding SEMNAS PGPAUD UNP. PGPAUD FIP UNP: Padang
Nurhafizah. (2017). The Development of Children’s Social-Emotional Competences: A Case Study in UNP’s Labschool-Kindergarten, Padang Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 58. (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Buletin Psikologi, 23(2), 103-111. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Papalia, D. E., Feldman, R. D. (2014). Experience Human Development : Menyelami Perkembangan Manusia. (Penerjemah: Fitriana Wuri Herarti). Jakarta: Salemba Humanika.
Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif : Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akutansi & Manajemen. Jawa Timur: Widya Gama Press.
Rosyadi. (2013). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini ( Konsep Dan Praktik PAUD Islami). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Subagia, I Nyoman. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor & Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bandung: Nilacakra.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, Dadan. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Stimulasi Dan Aspek Perkembanagan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini(Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Syahrul, & Nurhafizah. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. JurnalObsesi : JurnalPendidikanAnakUsiaDini, 6(6), 2022. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
Yunari. (2018). Pengembangan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan. Volume II, Nomor 1
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.