Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Tutor Sebaya Terhadap Self Efficacy Dan Penguasaan Konsep Matematis

(Eksperimen pada PONPES SMA Swasta di Kabupaten Tangerang)

Authors

  • Dwi Yulianto STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v10i1.2424

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Self Efficacy, Penguasaan Konsep Matematis

Abstract

Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Matematis Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap self efficacy dan penguasaan konsep Matematis secara multivariat siswa SMA Swasta di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap self efficacy siswa SMA Swasta di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap penguasaan konsep Matematis siswa SMA Swasta di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas X pada SMA swasta di Kabupaten Tangerang dengan sampel sebanyak 88 siswa. Eksperimen dilakukan pada dua kelompok/sampel dimana masing-masing kelompok setiap sekolah diberikan perlakuan (treatment) yang berbeda strategi pembelajaran yaitu Inkuiri dan Tutor Sebaya. Setelah selesai eksperimen, masing-masing kelompok perlakuan tersebut diukur self efficacy dan penguasaan konsep Matematis. Jenis pengujian hipotesis yang digunakan adalah Multivariate analysis varian (MANOVA). Setelah selesai eksperimen, masing-masing kelompok perlakuan tersebut diukur sikap ilmiah dan penguasaan konsep Matematis. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap self efficacy dan pemahaman konsep Matematis secara multivariat siswa SMA Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 18,606. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap self efficacy siswa SMA Swasta di Kabupaten Tangerang, hal tersebut dibuktikan oleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 21,188. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap penguasaan konsep Matematis siswa SMA Swasta di Kabupaten Tangerang, hal tersebut dibuktikan oleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 15,055. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata self efficacy dan penguasaan konsep Matematis siswa dengan strategi pembelajaran Inkuiri dan Tutor Sebaya. Implikasi dalam penelitian ini adalah jika strategi pembelajaran yang digunakan sesuai, maka self efficacy dan penguasaan konsep Matematis akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bahri. (2008). Konsep dan Definisi Konseptual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Campbell, N.A., Reece, J.B. (2012). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3, terjemahan: Damaning Tyas Wulandari. Jakarta: Erlangga.

Dahar, W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakrta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, S., dkk. (2015). Strategi Belajar & Pembelajaran. Jakarta: UNINDRA PRESS

Mutakin, T. Z., & Cleopatra, M. (2015). Suplemen Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Putra, S. R., (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sofyan, S. (2014). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Penddikan Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryoto. (2015). Panduan Penulisan Skripsi Tugas Akhir dan Tesis. Jakarta: UNINDRA Press.

Supardi, U.S. (2014). Aplikasi statistika dalam penelitian edisi revisi: Konsep statistika yang lebih komprehensi. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.

Suparman, I.A. (2014). Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan –Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., dkk. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakara: PT Bumi Aksara.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Yamin, S. & Kurniawan (2014). SPSS Complete: Teknik Analisis Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.

Downloads

Published

2020-05-29