PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN SOFTWARE CAMSTUDIO DAN PEN TABLET PADA PERKULIAHAN ALJABAR LINIER

Aljabar linear: Video pembelajaran: CamStudio: Hasil belajar

Penulis

  • Ucu Koswara STKIP Sebelas April
  • Neneng Tita Rosita STKIP Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2925

Abstrak

Video pembelajaran matematika merupakan salah satu media pembelajaran berbasis audio visual yang saat ini belum banyak digunakan, dikarenakan disamping waktu pembuatanya yang cukup lama, juga memerlukan penguasaan khusus dalam bidang komputer dan software pembelajaran. Latar belakang dari penelitian ini difokuskan pada pentingnya penguatan kemampuan mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang dilakukan secara mandiri setelah proses pembelajaran di kelas dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis hasil belajar matematika pada perkuliahan aljabar linier di STKIP Sebelas April Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental design dengan Tipe One-Shot Case Study terhadap seluruh mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Sebelas April Sumedang yang terdiri dari dua kelompok yang diambil secara purposif. Data hasil penelitian di analisis dengan uji beda dua rata-rata terhadap dua kelompok yang mendapat perlakuan berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang diberi perkuliahan dengan tambahan Video Pembelajaran Mandiri yang dibuat dengan Menggunakan Software CamStudio dan Pen Tablet pada Perkuliahan Aljabar Linier dan kelompok yang diberi perkuliahan biasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-16