KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK KESEHATAN CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4605Keywords:
Komunikasi matematis, problem based learning, sekolah menengah kejuruanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan instrumen test kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket sikap siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis adalah N-gain ternormalisasi dan Uji statistik non parametrik Mann Whitney, dan angket sikap siswa dengan rata-rata skor subjek. Berdasarkan hasil penelitan dan analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang menenerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Adanya sikap positif siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan instrumen test kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket sikap siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis adalah N-gain ternormalisasi dan Uji statistik non parametrik Mann Whitney, dan angket sikap siswa dengan rata-rata skor subjek. Berdasarkan hasil penelitan dan analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang menenerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Adanya sikap positif siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Downloads
References
Apianti Vepi, Aei Fatimah. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik
Peserta Didik yang Menggunakan Model Creative Problem Based Solving (CPS).
Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. (JP3M). 3910, 71-76.
Fauziah Intan, dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self
Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based learning (PBL). Analisa.
(2), 90-98.
Lisna, Siti Permana Sari, M.R. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mushorafa.
Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 143-150.
NCTM. (2000). Principles and standarts for School Mathematics. USA: The National
Council of Theacher of Mathematics, Inc.
Damar. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri
Mathematics Project untuk MeningkatkanKemampuan Komunikasi Matematis
Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM).
(2), 189-205.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru.
Jakarta: Rajawali Pers.
Sinaga Regina Sabariah, Santa Clara Manik. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Salapiah kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Serunai.
(1), 53-58.
Mawaddah, Hana Anisah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada
Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif
(Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 75-166.
Soleh ema, R.A, dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning.
PRISMA. 9(1), 1-9.
Widiatmika, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Melalui Penerapan Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2),
-8.
Yaniawati, Poppy. (2010). e-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung:
CVArfino Raya.
Yanti, Asria Hird. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Terhadap
Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Menengah Pertama Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(2),
-129.
Yustianingsih Rizza, dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematik
Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan
Mtematika (JNPM). 1(2), 258-274.
Anggiana, A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry:
Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-
doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.