KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK KESEHATAN CIANJUR

Authors

  • Widianjani Widianjani Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur
  • Lamlam Patimah Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur
  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4605

Keywords:

Komunikasi matematis, problem based learning, sekolah menengah kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan instrumen test kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket sikap siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis adalah N-gain ternormalisasi dan Uji statistik non parametrik Mann Whitney, dan angket sikap siswa dengan rata-rata skor subjek. Berdasarkan hasil penelitan dan analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang menenerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Adanya sikap positif siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan instrumen test kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket sikap siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis adalah N-gain ternormalisasi dan Uji statistik non parametrik Mann Whitney, dan angket sikap siswa dengan rata-rata skor subjek. Berdasarkan hasil penelitan dan analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang menenerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Adanya sikap positif siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apianti Vepi, Aei Fatimah. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik

Peserta Didik yang Menggunakan Model Creative Problem Based Solving (CPS).

Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. (JP3M). 3910, 71-76.

Fauziah Intan, dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self

Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based learning (PBL). Analisa.

(2), 90-98.

Lisna, Siti Permana Sari, M.R. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mushorafa.

Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 143-150.

NCTM. (2000). Principles and standarts for School Mathematics. USA: The National

Council of Theacher of Mathematics, Inc.

Damar. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri

Mathematics Project untuk MeningkatkanKemampuan Komunikasi Matematis

Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM).

(2), 189-205.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sinaga Regina Sabariah, Santa Clara Manik. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem

Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 2 Salapiah kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Serunai.

(1), 53-58.

Mawaddah, Hana Anisah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada

Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif

(Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 75-166.

Soleh ema, R.A, dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning.

PRISMA. 9(1), 1-9.

Widiatmika, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Melalui Penerapan Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2),

-8.

Yaniawati, Poppy. (2010). e-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung:

CVArfino Raya.

Yanti, Asria Hird. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Terhadap

Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Menengah Pertama Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(2),

-129.

Yustianingsih Rizza, dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematik

Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan

Mtematika (JNPM). 1(2), 258-274.

Anggiana, A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry:

Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-

doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061

Downloads

Published

2022-01-02