PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI SEGIEMPAT

Penulis

  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau
  • Dwi Fitriya Nur Laily Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4725

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share pada materi segiempat yang valid. Bahan ajar ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan langkah-langkah yang telah dimodifikasi sebagai berikut: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validitas Desain;  (5) Revisi Desain dan (6) Produk Akhir. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang telah diisi oleh empat orang validator yaitu dua orang Dosen Pendidikam Matematika FKIP Universitas Islam Riau dan dua orang Guru Matematika SMP Negeri 21 Pekanbaru. Adapun lembar validasi yang digunakan yaitu lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh rata-rata  hasil persentase validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 87,3% dan rata-rata hasil persentase validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 83,2% yang mana kedua perangkat tersebut berkategorikan sangat valid. Kemudian rata-rata hasil persentase validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada setiap aspek penilaian diperoleh nilai sebesar 84,69% dan 84,66% dengan kriteria sangat valid. Kesimpulan yang didapat bahwa telah dihasilkan bahan ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi segiempat di kelas VII SMP yang teruji kevalidannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif (Alternatif Desain Pebelajaran yang Menyenangkan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran (Implementasi & Praktek dalam Kelas). Bandung: Kata Pena.

Lestari, A. S. B. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Possing Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Bangil. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 6(1), 1–11.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santi, I. K. L., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, II(1), 35–44.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SPM Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 423–432.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SPM Kelas VIII Di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321–330.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suripah. (2015). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 125–132.

Wahyuni, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4((Edisi Dies Natalis XXXII)), 277–286.

Yolanda, F. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8-11.

Yolanda, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Jurnal Absis, 2(1), 112–120.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31