Pemahaman Konsep Matematis Siswa : Systematic Literature Review (SLR)

Penulis

  • Imelda Verina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6409

Kata Kunci:

Conceptual Understanding, Learning Style, SLR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian terkait pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Sampel terdiri dari 17 artikel yang terindeks di SINTA dan Google Scholar, terbit pada tahun 2018 hingga Oktober 2022, dan berlokasi di Indonesia. Uraian dalam penelitian ini akan ditinjau berdasarkan tahun penerbitan, indeks jurnal, penggunaan metode, tingkat pendidikan, banyak sampel, materi pelajaran, lokasi penelitian, dan teori yang digunakan dalam gaya belajar. Melalui metode SLR ditemukan adanya peningkatan dan penurunan jumlah artikel, artikel dominan dipublikasikan di Google Scholar, metode kualitatif dominan, penelitian dilakukan di SMP dominan, 14 dari 17 peneliti menggunakan sampel kurang dari 30, materi aljabar dominan dan diikuti geometri dan pengukuran, penelitian dominan dilakukan di Jawa, teori DePorter dan Hernacki dominan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adawiyah, I and Kurniasari, I. (2020). Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Gaya Belajar Grasha-Riechmann. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 15-23.

Aini, P.A., Hariyani, S., dan Suwanti, V. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Menurut Teori Honey Mumford. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 44-52.

Aliyah, U., & Mulawarman, M. (2020). Kajian Systematic Literature Review (SLR) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme, Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 209. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1759

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Aswin, A., & Juandi, D. (2022). Using Watson Criteria for Analyzing Student Errors: Systematic Literature Review (SLR). Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 4(1). https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v4i1.7239

BSKAP. (2022). Lampiran II Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek Nomor 008/KR/2022. Jakarta

DePorter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Elkatawneh, H. H. (2016). Comparing Qualitative and Quantitative Approaches. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2742779

Friantini, R. N., Winata, R., Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Annur, M.F., Ritawati, B., Iren. (2020). Penguatan Konsep Matematika Dasar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276-285.

Hidayat, P. W. (2018). Analisis Profil Minat Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa S1 PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Lemma, 4 (1).

Juandi, Dadang, & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. UPI PRESS

Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII berdasarkan gaya belajar dalam model knisley. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 339.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846-1856.

Khoirunnisa, A., dan Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matemattis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2398-2409.

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: The National Academies Press.

Kitchenham, B. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. https://www.researchgate.net/publication/302924724

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A.,Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions: explanation and elaboration. In Journal of clinical epidemiology (Vol. 62, Issue 10). https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2009.06.006

Paré Guy, Trudel Marie-Claude, Jaana Mirou, Kitsiou Spyros. (2015). “Synthesizing Information Systems Knowledge: A Typology of Literature Reviews.” Information & Management 52:183–99.

Setiana, D., Cahyono, B., and Rohan, A.A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Trigonometri Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Phenomenon. 9(2), 176-189.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., &Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63

Virgana. (2019). Understang of Mathematical Concepts Through Cooperative Learning, and Learning Styles. Journal of Education and Learning, 13(2), 212-218

Wijayanti, A., Safitri, P.T., and Raditya, A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Limit Ditinjau dari Gaya Belajar Interpersonal. Prima: Jurmal Pendidikan Matematika, 2(2), 157-173

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971

Zakirman. (2017). Pengelompokkan Gaya Belajar Mahasiswa Menurut Teori Honey Mumford Berdasarkan Intensitas Kunjungan Pustaka. Jurnal Bimingan dan Konseling, 4(1), 1–74

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31