KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR)

Penulis

  • Meicindy Jeny Klorina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6435

Kata Kunci:

kesulitan belajar, Self-Efficacy, SLR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai kesulitan  belajar matematika siswa ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Systematic Literature Review (SLR), yang terdiri dari 15 sampel hasil penelitian kesulitan belajar matematika ditinjau dari self-efficacy. Sampel penelitian terdiri dari yang terindeks SCOPUS, SINTA sampai terindeks REPOSITORY pada periode 2018-2022 dan berlokasi di Indonesia. Pencarian data sampel diperoleh dari Google Schoolar,Semantic Schoolar Eric Journal, Researchgate, dan Repository. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel terkait kesulitan belajar matematika ditinjau dari self-efficacy berdasarkan tahun penelitian, jenis penelitian, jenjang pendidikan, demografi penelitian, dan indeks jurnal. Semua data yang diperoleh disajikan secara deskriptif kuantitatif. Dengan metode SLR, ditemukan bahwa penelitian paling banyak diterbitkan pada tahun 2018, penelitian ini juga didominasi dengan penelitian yang di terindeks SINTA 2. Mayoritas penelitian ini dilakukan pada jenjang sekolah menengah pertama dan penelitian ini didominasi pada pulau Jawa. Penelitian mengenai mengenai kesulitan  belajar matematika siswa ditinjau dari self-efficacy cenderung sedikit, peneliti lebih banyak meneliti mengenai kesulitan  belajar matematika siswa saja padahal dengan tau keyakinan diri siswa tersebut membuat guru akan lebih mudah untuk menghindari kesulitan belajar yang akan dialami siswa.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albert Bandura. 1997.Self Efficacy: The Exercise of Control.New York: Freeman. Tersedia : Http://www.des.emory.edu/mfp/giovaliante/html. (online) diakses 25 April 2016

Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian (edisi revisi). Malang : UMM Press.

Aswin, A., & Juandi, D. (2022). Menggunakan Kriteria Watson untuk Menganalisis Kesalahan Siswa: Systematic Literature Review (SLR). Hipotenusa : Jurnal Masyarakat Matematika, 4(1). https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v4i1.7239

Budiono, CS. Wardono. 2014. Pbm Berorientasi Pisa Berpendekatan Pmri Bermedia Lkpd Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Smp, Unnes Journal of Mathematics Education., 3(3). doi: 10.15294/ujme.v3i3.4487

Juandi, Dadang, & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. UPI PRESS.

Fitriani, W. (2017). Analisis self efficacy dan hasil belajar matematika siswa di MAN 2 Batusangkar berdasarkan gender. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 1(1).

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Guner, N. (2020). Difficulties Encountered by High School Students in Mathematics. International Journal of Educational Methodology, 6(4), 703–713. https://doi.org/10.12973/ijem.6.4.703

Hadi, S. (2019). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa MA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4).

Hidayati, F. (2010). Kajian kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam mempelajari aljabar. Skripsi Universitas negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.

Kurniawati (2021) Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIN 2 Bima Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846-1856.

Litte, J. H., Corcoran, J., & Pillai, V. (2008). Systematic Review and Data Analysis. Oxford University Press. https://doi.org/https//doi.org/10.1016/j.medine.2017.10.012

Mabruroh, U., Sunarsih, D., & Mumpuni, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur ’ an Darul Abror. 2(01), 58–68.

Marlina (2019) Asesmen Kesulitan Belajar. In: Asesmen Kesulitan Belajar. Kencana, Jakarta, pp. 1-175. ISBN 978-602-422-776-0

Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y, A., Syahrial., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. 11-23

Netson, B. P. H. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 94 Pekanbaru.

Nurfauziah, P., Faudziah, L., Nuryatin, S., & Mustaqimah, I. A. (2018). Analisis self efficacy matematik siswa kelas VIII SMP 7 Cimahi dilihat dari gender. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 61-70.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Risnanosanti, R. (2016). Self Efficacy Mahasiswa terhadap Matematika dan Pembelajaran Berbasis Kegiatan Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(2), 127. https://doi.org/10.29408/jel.v2i2.316

Rustika, I. M. (2012). Efikasi diri: tinjauan teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1-2), 18-25.

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64-68.

Van Klaveren, C., & De Wolf, I. (2019). Systematic Reviews in Education Research: In Contemporary Economic Perspectives in Education. https://doi.org/10.2307/j.ctt14jxsqg.4

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307–317. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317

Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82-95.

Wati, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Efikasi Diri Siswa Kelas Viii Smpit Insan Kamil Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. In Repository UNS. Tidak diterbitkan.

Yanti, Apriza F. 2017. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesulitan Belajar pada Siswa MTS. Miftahululum Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin III. Psikologi Islam, Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Yeni, Ety M. Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31