Analisis Kemampuan Disposisi Matematis melalui Model Pembelajaran Probing Prompting pada Siswa Sekolah Menengah

Penulis

  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia
  • Agus Dede Anggiana Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6684

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah pencapaian disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen ang mendapatkan model pembelajaran Probing Prompting dan kelas X MM 2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket skala liker. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Probing Prompting lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggiana, A. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-69. doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.aBandung:aTarsito.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksaktalainnya. Bandung: Tarsito.

Suharsono. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Jurnal Edusentris. Vol. 2 No. 3. [online] tersedia: http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/180.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.

Wolery, M., dkk. (2010). Effects of Simulatenous Prompting and Instructive Feedback.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31