ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA: IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING

Penulis

  • Nonoy Intan SMA Negeri 5 Cimahi
  • Beni Yusepa Ginanjar Putra FKIP Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6713

Kata Kunci:

pemecahan masalah, statistika, problem-based learning

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah penting untuk dikuasai oleh siswa serta perlu dilatih dan dikembangkan secara kontinu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi Statistika dengan implementasi Problem-Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 5 Cimahi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XII IPA 3, dengan banyak siswa perempuan 22 orang dan siswa laki-laki 8 orang. Waktu penelitian adalah semester ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Statistika sub materi Kuartil. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA kelas XII pada materi Statistika yang tergolong kategori Sangat Baik (SB) adalah 26,7%, sementara kategori pencapaian yang mendominasi adalah kategori Cukup (C) yaitu 53,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373-384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.326

Amelia, M., Sariningsih, R., & Hidayat, W. (2020). Analisis Persepsi Kesalahan Siswa SMP pada Soal Materi Statistika Ditinjau dari Perbedaan Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 475-484. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3899/1887

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1), 21-30. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2958/2142

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Indriati, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem-Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 157-163. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.321

Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendikbud.

Maharani, S., Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5), 819-826. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1630/274

Muhtadi, A. (2019). Modul 3 : Pembelajaran Inovatif. Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Kemdikbud.

Munir, M., Asikin, M., & Junaedi, I. (2019). Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Problem-Based Learning Kelas X SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 380-385). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/311/341

Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Program Linier. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 277-284. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4720

Prasekti, E. D., & Marsigit, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Metode Problem-Based Learning dan Project-Based Learning pada Pembelajaran Statistika SMA. PYTHAGORAS, 12(2). 161-173. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/17714/pdf

Putra, B. Y. G., Rosita, N. T., & Hidayat, W. (2020, October). Profile of mathematical representation ability of junior high school students in Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012003). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1657/1/012003/pdf

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. JURNAL e-DuMath, 3(1). 49-55. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/283/173

Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664-674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990

Zahroh, H., Hafidah, H., Dhofir, D., & Zayyadi, M. (2020). Gerakan Literasi Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2). 165-177. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2293

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31