ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7081Kata Kunci:
Creative Mathematical Thinking, One-variable Linear Equations, Inequalities, Extroverts, IntrovertsAbstrak
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses berpikir kreatif matematis siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes dalam menyelesaikan masalah matematika persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa, baik siswa tipe kepribadian extrovert maupun siswa tipe kepribadian introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert siswa SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah Mix Method Research (MMR). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 6 subjek. Instrumen pada penelitian ini berupa angket kepribadian untuk mengetahui tipe kepribadian siswa baik extrovert maupun introvert dan instrumen tes tertulis untuk mengetahui proses berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, siswa tipe kepribadian extrovert dengan jumlah 17 siswa terbagi dari kelompok kreatif 6 siswa yang memenuhi keempat indikator (kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi), kelompok cukup kreatif 7 siswa memenuhi tiga indikator (kelancaran, kelenturan, dan elaborasi), dan 4 siswa kelompok kurang kreatif memenuhi dua indikator (kelenturan dan keaslian). Sedangkan siswa tipe kepribadian introvert dengan jumlah 14 siswa terbagi dari kelompok kreatif 2 siswa memenuhi keempat indikator (kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi), kelompok cukup kreatif 9 siswa memenuhi tiga indikator (kelancaran, keaslian, dan elaborasi), dan 3 siswa kelompok kurang kreatif tidak memenuhi salah satu dari keempat indikator. Kata Kunci: berpikir kreatif matematis, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, extrovert dan introvertUnduhan
Referensi
Budiarti, M. I. eka, & Malikin, L. Q. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Kepribadian Dan Status Pekerjaan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1268. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3161
Dwi Herdani, P., Ratu, N., & Wacana, K. S. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. 2(1), 9–16. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220
Lestari, S. W. (2016). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Siswa Kelas Vii Spmn 2 Sumber Cirebon. In Skripsi. UIN Walisongo Semarang.
Munthe, S. R. (2021). Kesulitan Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X Di Sma Negeri 1 Na. Ix-X Labuhanbatu Utara. Sumatera Utara: UIN Sumatera Utara.
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
Permendikbud No.81 A Implementasi Kurikulum 2013. (2013).
Ranggawuni, I. R., Mamesha, M., & Marjo, H. K. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua (Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 8 Jakarta Pusat). Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 38–44. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.07
Sari, K. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Model Knisley Materi Peluang Di Smp N 1 Juwana. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah (T. Y. E. Siswono, Ed.; Cetakan Pertama). PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Solihat, E. (2010). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Belajar Matematika. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Tahmir, S., & Albar, M. (2018). Proses Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Siswa Smk Negeri 3 Sinjai. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664–674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990
Yuli Eko Siswono, T., & Fitria, C. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Dan Phlegmatis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 23–32.
Zarina, Bambang, R. M., & Mailizar. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Negeri 1 Banda Aceh Tahunajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 123–139.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.